Langsung ke konten utama

Cowok California Ini Cari Gadis Batak

Cowok California Ini Cari Gadis Batak 
SAMOSIR-Hampir seperempat abad ia meninggalkan tanah kelahirannya, Pangururan. Kali ini ia datang lagi, tapi bukan hanya sekedar melepaskan rindu. Melainkan mencari gadis batak untuk menjadi pendamping.
Jan Pieter Situmorang meninggalkan Pangururan sejak tahun 1989. Kala itu ia masih berumur 5 tahun dan harus mengikuti kedua orangtuanya yang bekerja di California, Amerika Serikat. Sejak itu pula lah ia tak pernah lagi menginjakkan kaki di tanah kelahirannya. Ketika mendengar akan digelar Festival Danau Toba 2013, ia pun buru-buru mengambil libur dan berangkat ke Tanah Batak. Ia berharap akan bertemu sanak saudaranya di Samosir, meskipun ia tak ingat lagi wajah mereka.

“I have come a long way from my home to see my real home here in Samosir. When i heard about Danau Toba Fest, i decided to come. Alone,” katanya kepada Tribun sambil tertawa. Ia mengaku agak kesulitan untuk mencapai jalan ke Danau Toba karena tak ingat lagi jalan yang harus dilalui. Untunglah ia masih mampu berbahasa Indonesia untuk menanyai jalan di terminal bis meskipun sedikit terbata-bata. Namun kalau Bahasa Batak ia memang benar-benar sudah lupa.

“Bahasa Batak saya lupa. Tapi saya suka nyanyi lagu Sing Sing So di California. Lalu lagu Situmorang. Sometimes lagu Lisoi Lisoi juga,” katanya sambil menyanyikan intro lagu Situmorang. Dia tahu lagu itu dari situs youtube.

Ia mengaku perkembangan di Danau Toba saat ini benar-benar berbeda ketika ditinggalkannya. Ia juga masih butuh belajar banyak tentang batak dan adat istiadat yang tidak pernah dipelajarinya selama di California. Beruntung, ketika ia tiba di Bukit Beta, salah satu lokasi acara Festival Danau Toba (FDT) 2013, ia bertemu dengan Sandra Niessen. Perempuan ini adalah seorang antropolog asal Belanda yang intens menulis tentang budaya batak khususnya kain Ulos. Dari Sandra ia diberikan sebuah buku dan video yang berisikan ragam adat dan istiadat Suku Batak.

“Well, actually i wanna buy them. But Sandra give them for free. Lucky me,” katanya kembali tertawa.

Namun ia sempat mengeluhkan perhelatan FDT 2013 yang katanya sering molor dari jadwal yang sudah ditentukan. Sebagai orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur, katanya, harusnya pihak panitia bisa lebih profesional. Khususnya soal manajemen waktu.

“I’m so wasting time here,” keluhnya.

Mencoba menghibur dirinya, Tribun pun menantangnya untuk menyanyikan lagu “Situmorang” di atas panggung pementasan World Drum Festival di Bukit Beta. Ia langsung sumringah dan mengiyakan ajakan tersebut.

Ia pun akhirnya memberanikan diri meminta ijin dari Rizaldi Siagian, penanggungjawab acara seni budaya di FDT 2013. Oleh Rizaldi, ia dibebaskan untuk bernyanyi sepuas hati di atas panggung selama Drum Festival belum dimulai. Namun ia harus menunggu beberapa jam lagi karena di atas panggung masih ada pementasan drama budaya batak.

Sambil berbincang dengan Tribun, tak jauh dari tempat Jan Pieter berdiri, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, sedang diwawancarai awak media.

“Who is that man?,” tanyanya. Ketika diberitahu bahwa dia adalah Bupati Samosir, Jan Pieter pun menyampaikan keinginannya untuk bertemu dan berbincang untuk tahu tentang perkembangan Samosir.

Ketika dipertemukan dengan dengan Bupati Samosir Mangindar Simbolon, ia tampak gugup. Ia memperkenalkan diri dan akhirnya berbincang beberapa saat dengan Mangindar.

“Kalau gitu kita marlae lah,” kata Mangindar sambil menepuk bahu Jan Pieter.

Ternyata selain pulang kampung dan ingin mengenal budaya batak lebih dekat, ia juga memiliki satu keinginan lain. Kedatangannya ke FDT 2013 ternyata juga untuk mencari pariban. Ia sangat ingin menikahi gadis batak seperti ibunya yang memiliki Boru Sagala.

“Saya cari pariban. Kalau tidak ketemu, gadis batak lain juga no problem. Saya mau gadis batak kayak ibu saya,” katanya tersenyum.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…