Langsung ke konten utama

Cowok California Ini Cari Gadis Batak

Cowok California Ini Cari Gadis Batak 
SAMOSIR-Hampir seperempat abad ia meninggalkan tanah kelahirannya, Pangururan. Kali ini ia datang lagi, tapi bukan hanya sekedar melepaskan rindu. Melainkan mencari gadis batak untuk menjadi pendamping.
Jan Pieter Situmorang meninggalkan Pangururan sejak tahun 1989. Kala itu ia masih berumur 5 tahun dan harus mengikuti kedua orangtuanya yang bekerja di California, Amerika Serikat. Sejak itu pula lah ia tak pernah lagi menginjakkan kaki di tanah kelahirannya. Ketika mendengar akan digelar Festival Danau Toba 2013, ia pun buru-buru mengambil libur dan berangkat ke Tanah Batak. Ia berharap akan bertemu sanak saudaranya di Samosir, meskipun ia tak ingat lagi wajah mereka.

“I have come a long way from my home to see my real home here in Samosir. When i heard about Danau Toba Fest, i decided to come. Alone,” katanya kepada Tribun sambil tertawa. Ia mengaku agak kesulitan untuk mencapai jalan ke Danau Toba karena tak ingat lagi jalan yang harus dilalui. Untunglah ia masih mampu berbahasa Indonesia untuk menanyai jalan di terminal bis meskipun sedikit terbata-bata. Namun kalau Bahasa Batak ia memang benar-benar sudah lupa.

“Bahasa Batak saya lupa. Tapi saya suka nyanyi lagu Sing Sing So di California. Lalu lagu Situmorang. Sometimes lagu Lisoi Lisoi juga,” katanya sambil menyanyikan intro lagu Situmorang. Dia tahu lagu itu dari situs youtube.

Ia mengaku perkembangan di Danau Toba saat ini benar-benar berbeda ketika ditinggalkannya. Ia juga masih butuh belajar banyak tentang batak dan adat istiadat yang tidak pernah dipelajarinya selama di California. Beruntung, ketika ia tiba di Bukit Beta, salah satu lokasi acara Festival Danau Toba (FDT) 2013, ia bertemu dengan Sandra Niessen. Perempuan ini adalah seorang antropolog asal Belanda yang intens menulis tentang budaya batak khususnya kain Ulos. Dari Sandra ia diberikan sebuah buku dan video yang berisikan ragam adat dan istiadat Suku Batak.

“Well, actually i wanna buy them. But Sandra give them for free. Lucky me,” katanya kembali tertawa.

Namun ia sempat mengeluhkan perhelatan FDT 2013 yang katanya sering molor dari jadwal yang sudah ditentukan. Sebagai orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur, katanya, harusnya pihak panitia bisa lebih profesional. Khususnya soal manajemen waktu.

“I’m so wasting time here,” keluhnya.

Mencoba menghibur dirinya, Tribun pun menantangnya untuk menyanyikan lagu “Situmorang” di atas panggung pementasan World Drum Festival di Bukit Beta. Ia langsung sumringah dan mengiyakan ajakan tersebut.

Ia pun akhirnya memberanikan diri meminta ijin dari Rizaldi Siagian, penanggungjawab acara seni budaya di FDT 2013. Oleh Rizaldi, ia dibebaskan untuk bernyanyi sepuas hati di atas panggung selama Drum Festival belum dimulai. Namun ia harus menunggu beberapa jam lagi karena di atas panggung masih ada pementasan drama budaya batak.

Sambil berbincang dengan Tribun, tak jauh dari tempat Jan Pieter berdiri, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, sedang diwawancarai awak media.

“Who is that man?,” tanyanya. Ketika diberitahu bahwa dia adalah Bupati Samosir, Jan Pieter pun menyampaikan keinginannya untuk bertemu dan berbincang untuk tahu tentang perkembangan Samosir.

Ketika dipertemukan dengan dengan Bupati Samosir Mangindar Simbolon, ia tampak gugup. Ia memperkenalkan diri dan akhirnya berbincang beberapa saat dengan Mangindar.

“Kalau gitu kita marlae lah,” kata Mangindar sambil menepuk bahu Jan Pieter.

Ternyata selain pulang kampung dan ingin mengenal budaya batak lebih dekat, ia juga memiliki satu keinginan lain. Kedatangannya ke FDT 2013 ternyata juga untuk mencari pariban. Ia sangat ingin menikahi gadis batak seperti ibunya yang memiliki Boru Sagala.

“Saya cari pariban. Kalau tidak ketemu, gadis batak lain juga no problem. Saya mau gadis batak kayak ibu saya,” katanya tersenyum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y