Langsung ke konten utama

Cowok California Ini Cari Gadis Batak

Cowok California Ini Cari Gadis Batak 
SAMOSIR-Hampir seperempat abad ia meninggalkan tanah kelahirannya, Pangururan. Kali ini ia datang lagi, tapi bukan hanya sekedar melepaskan rindu. Melainkan mencari gadis batak untuk menjadi pendamping.
Jan Pieter Situmorang meninggalkan Pangururan sejak tahun 1989. Kala itu ia masih berumur 5 tahun dan harus mengikuti kedua orangtuanya yang bekerja di California, Amerika Serikat. Sejak itu pula lah ia tak pernah lagi menginjakkan kaki di tanah kelahirannya. Ketika mendengar akan digelar Festival Danau Toba 2013, ia pun buru-buru mengambil libur dan berangkat ke Tanah Batak. Ia berharap akan bertemu sanak saudaranya di Samosir, meskipun ia tak ingat lagi wajah mereka.

“I have come a long way from my home to see my real home here in Samosir. When i heard about Danau Toba Fest, i decided to come. Alone,” katanya kepada Tribun sambil tertawa. Ia mengaku agak kesulitan untuk mencapai jalan ke Danau Toba karena tak ingat lagi jalan yang harus dilalui. Untunglah ia masih mampu berbahasa Indonesia untuk menanyai jalan di terminal bis meskipun sedikit terbata-bata. Namun kalau Bahasa Batak ia memang benar-benar sudah lupa.

“Bahasa Batak saya lupa. Tapi saya suka nyanyi lagu Sing Sing So di California. Lalu lagu Situmorang. Sometimes lagu Lisoi Lisoi juga,” katanya sambil menyanyikan intro lagu Situmorang. Dia tahu lagu itu dari situs youtube.

Ia mengaku perkembangan di Danau Toba saat ini benar-benar berbeda ketika ditinggalkannya. Ia juga masih butuh belajar banyak tentang batak dan adat istiadat yang tidak pernah dipelajarinya selama di California. Beruntung, ketika ia tiba di Bukit Beta, salah satu lokasi acara Festival Danau Toba (FDT) 2013, ia bertemu dengan Sandra Niessen. Perempuan ini adalah seorang antropolog asal Belanda yang intens menulis tentang budaya batak khususnya kain Ulos. Dari Sandra ia diberikan sebuah buku dan video yang berisikan ragam adat dan istiadat Suku Batak.

“Well, actually i wanna buy them. But Sandra give them for free. Lucky me,” katanya kembali tertawa.

Namun ia sempat mengeluhkan perhelatan FDT 2013 yang katanya sering molor dari jadwal yang sudah ditentukan. Sebagai orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur, katanya, harusnya pihak panitia bisa lebih profesional. Khususnya soal manajemen waktu.

“I’m so wasting time here,” keluhnya.

Mencoba menghibur dirinya, Tribun pun menantangnya untuk menyanyikan lagu “Situmorang” di atas panggung pementasan World Drum Festival di Bukit Beta. Ia langsung sumringah dan mengiyakan ajakan tersebut.

Ia pun akhirnya memberanikan diri meminta ijin dari Rizaldi Siagian, penanggungjawab acara seni budaya di FDT 2013. Oleh Rizaldi, ia dibebaskan untuk bernyanyi sepuas hati di atas panggung selama Drum Festival belum dimulai. Namun ia harus menunggu beberapa jam lagi karena di atas panggung masih ada pementasan drama budaya batak.

Sambil berbincang dengan Tribun, tak jauh dari tempat Jan Pieter berdiri, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, sedang diwawancarai awak media.

“Who is that man?,” tanyanya. Ketika diberitahu bahwa dia adalah Bupati Samosir, Jan Pieter pun menyampaikan keinginannya untuk bertemu dan berbincang untuk tahu tentang perkembangan Samosir.

Ketika dipertemukan dengan dengan Bupati Samosir Mangindar Simbolon, ia tampak gugup. Ia memperkenalkan diri dan akhirnya berbincang beberapa saat dengan Mangindar.

“Kalau gitu kita marlae lah,” kata Mangindar sambil menepuk bahu Jan Pieter.

Ternyata selain pulang kampung dan ingin mengenal budaya batak lebih dekat, ia juga memiliki satu keinginan lain. Kedatangannya ke FDT 2013 ternyata juga untuk mencari pariban. Ia sangat ingin menikahi gadis batak seperti ibunya yang memiliki Boru Sagala.

“Saya cari pariban. Kalau tidak ketemu, gadis batak lain juga no problem. Saya mau gadis batak kayak ibu saya,” katanya tersenyum.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…