Langsung ke konten utama

Cukur Celtic 6-1, Barca Juara Grup


 
Barcelona - Barcelona memastikan diri lolos sebagai juara Grup H Liga Champions setelah mencukur Celtic 6-1. Neymar jadi pahlawan kemenangan 'Los Cules' berkat hat-tricknya.

Bermain di Camp Nou, Kamis (12/12/2013) dinihari WIB, Barca tampil sangat dominan atas tamunya. Tim asuhan Gerardo Martino memegang penguasaan hingga 74% berbanding 26% milik Celtic.

Tim Catalan tersebut melepaskan total 20 tembakan, di mana sembilan di antaranya on target. Sementara sang tamu hanya membuat enam upaya dengan empat tendangan mengarah ke sasaran.

Enam gol Barca dicetak oleh masing-masing Gerard Pique, Pedro Rodriguez, Neymar (3 gol), dan ditutup oleh torehan Christian Tello. Sementara satu gol balasan Celtic dicetak oleh Giorgio Samaras.

Hasil ini memastikan Barca lolos sebagai pemuncak klasemen grup H dengan nilai 13. Mereka ditemani AC Milan yang jadi runner up grup dengan nilai sembilan usai bermain imbang dengan Ajax Amsterdam.

Jalannya pertandingan.

Barca membangun serangan pada menit kedua. Umpan lambung Xavi Hernandez mengarah kepada Neymar di tengah kotak penalti. Pemain Brasil itu lantas bersiap menyundul, namun terjatuh usai mendapatkan dorongan dari Efe Ambrose. Tak ada penalti.
 Pique membawa Barca memimpin pada menit ke-6. Berawal dari umpan terobosan Xavi kepada Alexis di sisi kanan di dalam kotak penalti, nama terakhir kemudian mengecoh satu pemain belakang dan melepas sepakan kaki kiri. Upayanya mampu ditepis Fraser Forster.

Beruntung bagi Pique yang berdiri di tiang jauh. Bola muntah mengarah kepadanya dan mencocornya dengan mudah masuk ke gawang.

Berikutnya giliran Neymar menebar ancaman di menit ke-23. Menerima umpan silang dari Alexis di dalam kotak penalti, sepakannya masih mampu diblok barisan belakang Celtic.

Neymar kembali menjadi aktor serangan tim tuan rumah pada menie ke-33. Melewati dua pemain belakang Celtic, penyerang Brasil itu melepaskan tendangan namun berhasil diblok Virgil van Dijk yang berada pada posisi tepat.

Barca berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-40. Melewati Ambrose, Neymar mengakhiri penetrasinya dengan umpan silang mendatar yang disambut sontekan Pedro Rodriguez.

Barca semakin menjauh usai Neymar mencatatkan namanya ke papan skor semenit jelang turun minum. Diawali kerjasama Alexis dan Martin Montoya, pemain yang disebut terakhir kemudian meneruskan bola ke Neymar. Tanpa kesulitan Neymar menceploskan bola ke gawang kosong.

Baru tiga menit babak kedua berjalan, Neymar mencetak gol keduanya di laga ini. Melakukan umpan satu-dua dengan Xavi di muka kotak penalti, Neymar melepaskan sepakan keras yang tak mampu dihalau Forster.
Tuan rumah terus mendominasi pertandingan. Giliran Xavi mengancam gawang Celtic di menit ke-51. Namun sepakan jarak jauhnya masih mampu diantisipasi Forster.

Neymar mencetak hat-trick pada menit ke-58. Menerima umpan dari Adriano, ia mengecoh Ambrose dan mengakhiri penetrasinya dengan eksekusi dingin.

Barca makin menegaskan superioritasnya kala Tello ikut mencatatkan namanya ke papan skor di menit ke-72. Menerima umpan silang dari Adriano, Tello lantas mengeksekusi bola ke arah gawang. Bola sempat membentur van Dijk sehingga berbelok, sementara Forster sudah mati langkah.

Celtic pada akhirnya mampu memberikan ancaman ke gawang Barca pada menit ke-78. Namun tendangan Derk Boerrigter dari sisi kiri kotak penalti masih terlalu lemah sehingga tak sulit dinetralkan Jose Pinto.

Sepuluh menit kemudian, gawang Barca kebobolan. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Barca, Charles Mulgrew mengirimkan bola ke tengah kotak penalti dan disambut tandukan Samaras.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Comeback Dramatis, Barcelona Imbangi Sevilla 2-2

Sevilla - Barcelona berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Sevilla. Sempat tertinggal 0-2, Blaugrana comeback dengan memaksa laga berakhir dengan skor 2-2.
Lini pertahanan Barca sangat buruk saat bertandang ke Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB. Situasi itu membuat mereka tertinggal 0-2 lewat gol Franco Vazquez di menit ke-36 dan Luis Muriel di menit ke-50.
Namun, Barca tak cepat menyerah dalam laga ini. Mereka terus semakin meningkatkan intensitas serangan selama sisa waktu pertandingan.
Hasilnya pun tak mengecewakan untuk klub asal Catalunya itu. Gol Suarez di menit ke-88 dan Lionel Messi di menit ke-89 membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.
Tambahan satu poin tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen. Blaugrana memimpin dengan 76 poin dari 30 laga. Namun, jarak mereka dengan Atletico Madrid di posisi kedua bisa terkikis.
Jika Atletico bisa menang saat menjamu Deportivo La Coruna pada Senin (2/4/2018) dinihari WIB, jarak 12 poin akan menjadi …