Langsung ke konten utama

Jokowi Effect Nggak Ngefek, Salah Siapa?

Jakarta - Perolehan suara PDIP di Pileg 2014 tidak maksimal. Banyak pihak memandang Jokowi effect tidak maksimal. Faktor apa penyebabnya?

Mengupas tentang hal ini, Visi Indonesia menggelar diskusi publik tentang 'Mengapa Efek Jokowi Tidak Di(maksimal) kan?. Diskusi ini digelar di Whiz Hotel, Cikini, Jakarta, Selasa (15/3/2014). Ada 5 Pembicara yang hadir dalam diskusi ini yaitu Burhanuddin Muhtadi, Andrinof Chaniago, Boni Hargens, Yunarto Wijaya, dan Jenderal Pol (Purn) Dai Bachtiar.

Dalam diskusi publik ini disimpulkan bahwa jokowi effect itu memang ada namun tidak berhasil. Salah satu ketidakberhasilan tersebut menurut pengamat politik Burhanuddin Muhtadi dikarenakan ada kesalahan yang dilakukan oleh Bapilu PDIP. 

Salah satunya karena menggunakan konsultan politik yang dulu menjadi konsultan politik lawan Jokowi pada Pilgub DKI Jakarta lalu. Menurut Burhan itu tanda adanya gap di PDIP.

Selain itu juga menurut Burhan, PDIP salah menempatkan Jokowi sebagai jurkam di wilayah yang bukan menjadi basis massa nasional, seperti di Papua. "Ada keengganan untuk memperjuangkan jokowi secara maksimal," ujar Burhan

Sementara menurut Andrinof Chaniago Jokowi efek itu memang ada secara potensial namun gagal diwujudkan. "Tidak dimaksimalkan oleh partai. Ada juga pihak-pihak yang melakukan peredaman-peredaman, seperti iklan Jokowi ditolak," jelas Andrinof. Menurutnya jokowi effect ada itu ada datanya, dan data-data tentang peredaman jokowi effect juga ada.

Yunarto Wijaya pun mengamini soal kegagalan jokowi effect disebabkan karena tidak solidnya internal partai. Ia mempertanyakan fungsi mengapa Jokowi dideklarasikan sebagai Capres 3 minggu sebelum pileg. "Entah ini sebuah strategi yang salah atau kesengajaan atau ada konflik internal," tandasnya.

Menjawab mengenai kegagalan Jokowi Effect ini, politikus PDIP Dai Bachtiar menyatakan setuju bahwa Jokowi Effect memang ada dan sangat besar. Menurutnya salah satu kegagalan PDIP tidak mencapai suara sesuai target adalah karena adanya beberapa problem.

"Banyak problem-problem yang muncul saat kampanye. Ada di jadwal namun tidak diizinkan oleh KPUD-KPUD, contohnya di Jawa Barat dapil 8," jelas Dai.

Dai juga mengatakan partainya harus berhati-hati menyikapi Jokowi Effect karena tidak ingin Jokowi dijadikan musuh bersama. Jangan sampai jokowi dijadikan musuh bersama (di luar partai), itu yang kita bahas sejak awal. Itu yang kita takutkan," tandasnya.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…