Langsung ke konten utama

Jokowi Effect Nggak Ngefek, Salah Siapa?

Jakarta - Perolehan suara PDIP di Pileg 2014 tidak maksimal. Banyak pihak memandang Jokowi effect tidak maksimal. Faktor apa penyebabnya?

Mengupas tentang hal ini, Visi Indonesia menggelar diskusi publik tentang 'Mengapa Efek Jokowi Tidak Di(maksimal) kan?. Diskusi ini digelar di Whiz Hotel, Cikini, Jakarta, Selasa (15/3/2014). Ada 5 Pembicara yang hadir dalam diskusi ini yaitu Burhanuddin Muhtadi, Andrinof Chaniago, Boni Hargens, Yunarto Wijaya, dan Jenderal Pol (Purn) Dai Bachtiar.

Dalam diskusi publik ini disimpulkan bahwa jokowi effect itu memang ada namun tidak berhasil. Salah satu ketidakberhasilan tersebut menurut pengamat politik Burhanuddin Muhtadi dikarenakan ada kesalahan yang dilakukan oleh Bapilu PDIP. 

Salah satunya karena menggunakan konsultan politik yang dulu menjadi konsultan politik lawan Jokowi pada Pilgub DKI Jakarta lalu. Menurut Burhan itu tanda adanya gap di PDIP.

Selain itu juga menurut Burhan, PDIP salah menempatkan Jokowi sebagai jurkam di wilayah yang bukan menjadi basis massa nasional, seperti di Papua. "Ada keengganan untuk memperjuangkan jokowi secara maksimal," ujar Burhan

Sementara menurut Andrinof Chaniago Jokowi efek itu memang ada secara potensial namun gagal diwujudkan. "Tidak dimaksimalkan oleh partai. Ada juga pihak-pihak yang melakukan peredaman-peredaman, seperti iklan Jokowi ditolak," jelas Andrinof. Menurutnya jokowi effect ada itu ada datanya, dan data-data tentang peredaman jokowi effect juga ada.

Yunarto Wijaya pun mengamini soal kegagalan jokowi effect disebabkan karena tidak solidnya internal partai. Ia mempertanyakan fungsi mengapa Jokowi dideklarasikan sebagai Capres 3 minggu sebelum pileg. "Entah ini sebuah strategi yang salah atau kesengajaan atau ada konflik internal," tandasnya.

Menjawab mengenai kegagalan Jokowi Effect ini, politikus PDIP Dai Bachtiar menyatakan setuju bahwa Jokowi Effect memang ada dan sangat besar. Menurutnya salah satu kegagalan PDIP tidak mencapai suara sesuai target adalah karena adanya beberapa problem.

"Banyak problem-problem yang muncul saat kampanye. Ada di jadwal namun tidak diizinkan oleh KPUD-KPUD, contohnya di Jawa Barat dapil 8," jelas Dai.

Dai juga mengatakan partainya harus berhati-hati menyikapi Jokowi Effect karena tidak ingin Jokowi dijadikan musuh bersama. Jangan sampai jokowi dijadikan musuh bersama (di luar partai), itu yang kita bahas sejak awal. Itu yang kita takutkan," tandasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Espanyol vs Barcelona: Messi Gemilang, Barca Menang

Jakarta - Barcelona menang telak atas Espanyol dalam derby Catalunya. Dua gol dari Lionel Messi plus gol Ousmane Dembele dan Luis Suarez memastikan Blaugrana menang 4-0.

Bertandang ke RCDE Stadium, Minggu (9/12/2018) dinihari WIB di laga pekan ke-15 Liga Spanyol, Barcelona langsung mendominasi selepas kick-off. Tim tamu langsung membuka keunggulan di menit ke-17 lewat bola mati.

Messi dilanggar tak jauh dari kotak penalti di menit ke-17 dan mengambil jatah eksekusi itu. Bintang asal Argentina itu lantas mengirim bola melewati pagar betis dan bersarang di pojok kanan atas gawang Diego Lopez.

Suarez nyaris menggandakan keunggulan dua menit berselang saat mendapatkan peluang dari jarak dekat. Tapi sepakannya gagal menaklukkan Lopez.

Barcelona baru benar-benar menambah gol di menit ke-26. Messi susah payah menjaga penguasaan bola di tepi kotak penalti, lalu menyodorkannya ke Dembele di sisi kiri. Usai satu gerak tipu, Dembele mengarahkan bola ke pojok kanan gawang.

Usai Marc-Andr…

Hasil Liga Spanyol: Comeback, Barca Seri 4-4 Lawan Villarreal

Villarreal - Barcelona selamat dari kekalahan saat melawat ke markas Villarreal di Liga Spanyol. Sempat ketinggalan dua gol, Los Cules membawa pulang hasil seri 4-4.

Dalam pertandingan di Estadio de la Ceramica, Rabu (3/4/2019) dinihari WIB, Barca unggul dua gol lebih dulu. Philippe Coutinho dan Malcom yang mencetak membobol gawang Villarreal.

Babak pertama selesai 1-2 setelah Samuel Chukwueze mencatatkan namanya di papan skor. Di sisa pertandingan, Villarreal menambah tiga gol lagi. Karl Toko Ekambi, Vicente Iborra, dan Carlos Bacca yang mencatatkan nama di papan skor.

Barca memperkecil ketertinggalan dengan tendangan bebas Lionel Messi pada menit ke-90. Lalu memastikan hasil imbang 4-4 lewat Luis Suarez di masa injury time.

Dengan hasil ini, raihan angka Barca menjadi 70 poin, unggul delapan angka dari Atletico Madird di posisi kedua. Sementatra itu, Villarreal ada di posisi ke-17 dengan raihan 30 angka.

Jalannya Pertandingan

Barca tak memainkan Messi sejak awal. Di lini serang…

Dua Gol Messi Selamatkan Barca dari Kekalahan Lawan Valencia

Barcelona - Barcelona tertinggal dua gol lebih dulu saat menghadapi Valencia. Los Cules butuh dua gol Lionel Messi untuk menuntaskan laga dengan skor 2-2.

Pada laga La Liga yang dihelat di Camp Nou, Minggu (3/2/2019) dini hari WIB, Valencia unggul dua gol lebih dulu dalam tempo kurang dari 30 menit lewat Kevin Gameiro dan penalti Dani Parejo. Gol pertama Messi dari titik putih menciptakan asa untuk Barca.

Barca akhirnya mampu menyamakan skor lewat gol kedua Messi pada babak kedua. Cuma menambah satu poin, Blaugrana masih kukuh di puncak klasemen dengan 50 poin dari 22 laga, unggul enam angka dari Atletico Madrid.
Atletico bisa memangkas jarak jika mampu mengalahkan Real Betis malam nanti. Valencia masih ada di posisi ketujuh dengan 30 poin.
Jalannya pertandingan

Valencia di luar dugaan mengambil inisiatif serangan dengan menyerbu pertahanan Barcelona. Pada menit ketiga Dani Parejo sudah memaksa Marc-Andre Ter Stegen menepis susah payah bola sepakan ke pojok atas.

Dua menit kemud…