Langsung ke konten utama

Pulang dari Brasil, 'Garuda Baru' Mulai Rancang Masa Depan

Jakarta - Setelah mengikuti Street Child World Cup (SCWC) 2014 di Rio de Janeiro, Brasil, tim 'Garuda Baru' mulai merancang masa depan. Tak ingin balik ke jalanan, mereka diwajibkan mengungkapkan cita-cita yang nantinya bakal disalurkan.

Langkah tim putra Indonesia di ajang SCWC harus terhenti di babak perempatfinal setelah takluk dari Tanzania pada 5 April lalu. Sempat bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan, dalam adu penalti mereka kalah 1-3. Tanzania pun akhirnya keluar sebagai juara.

Sementara itu, tim putri Indonesia gagal di fase grup. Mereka kalah dalam dua pertandingan berturut-turut, kalah 1-14 dari Brasil dan 2-8 dari Zimbabwe. Tuan rumah Brasil tampil sebagai juara di kelompok putri tersebut.

Sebanyak 18 pemain tim Indonesia di SCWC adalah anak-anak yang berasal dari jalanan. Mereka dikumpulkan dari tujuh kota di Indonesia dan terpilih melalui proses seleksi. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh yayasan Transmuda Energy Nusantara (Yayasan TEN).

Salah satu tujuan mengikutsertakan anak jalanan ke ajang SCWC adalah untuk membuktikan bahwa anak jalanan bisa berprestasi dan memiliki hak-hak yang sama dengan anak lainnya.

Setelah gagal menjadi juara di SCWC, anak-anak tersebut kini telah dipulangkan ke tempat masing-masing. Meski demikian, mereka tidak akan dibiarkan begitu saja, apalagi sampai kembali ke kehidupan jalanan.

"Anak-anak sekarang sudah kami pulangkan ke tempat masing-masing. Tapi kami tidak akan berhenti sampai di sini. Sebelum pulang mereka kami minta untuk menuliskan sebuah harapan atau cita-cita mereka di masa depan," ungkap pelatih tim Indonesia, Aiken, ketika dihubungi, Rabu (16/4/2014).

"Nanti kami lihat, dan akan kami bantu semampu kami. Minggu depan kami mulai membahas program itu. Yang pasti sebisa kami, kami akan membantu mereka," tambah dia.

Aiken berharap dengan menyalurkan cita-cita tersebut, anak-anak itu bisa memiliki masa depan yang lebih baik.

"Kalau misalnya ada yang mau ke sepakbola, ya kami bantu. Kalau ada yang meneruskan sekolah, kami bantu. Apapun keinginan mereka, semampunya kami bantu," katanya.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…