Langsung ke konten utama

Atasi Ghana 2-1, Portugal Tetap Tersingkir

Brasilia - Kemenangan 2-1 atas Ghana tak cukup untuk membawa Portugal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia. Mereka tersingkir setelah kalah selisih gol dengan Amerika Serikat.

Bermain di Estadio Mane Garrincha, Kamis (26/6/2014) malam WIB, Portugal butuh kemenangan dengan selisih skor sebesar-besarnya untuk menutup defisit gol di klasemen Grup G. Di sisi lain, mereka juga perlu mengharapkan Amerika Serikat kalah dari Jerman.

Pada akhirnya AS memang kalah dengan skor 0-1 dari Jerman, namun kemenangan 2-1 atas Ghana tak cukup bagi Portugal untuk membeli tiket lolos. Mereka punya defisit tiga gol, sementara AS punya selisih gol 0.

Jerman melaju ke babak berikutnya dengan nilai tujuh, diikuti AS dengan nilai empat yang unggul selisih gol atas Portugal. Sementara Ghana harus puas dengan raihan satu angka.

Jalannya Pertandingan

Enam menit laga berjalan, Portugal nyaris membuka skor. Tusukan Cristiano Ronaldo di sisi kanan diakhiri dengan sebuah tendangan langsung. Bola meluncur tak terlalu kencang, namun tak mampu dijangkau kiper hingga akhirnya mentah oleh mistar gawang.

Ronaldo kembali jadi ancaman untuk Ghana di menit ke-12. Mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti, kapten Portugal itu mengarahkan tendangan keras ke pojok kanan. Fatau Dauda sigap menepis.

Tekanan Portugal berlanjut tujuh menit berselang. Umpan silang Joao Pereira dari sisi kanan menemui Ronaldo yang tak terkawal di tiang jauh. Bola berhasil ditanduk oleh Ronaldo, namun Dauda menghalau dengan gemilang.

Ghana langsung merespons. Umpan John Boye diterima Asamoah Gyan di dalam kotak penalti. Nama terakhir melepaskan tembakan, namun digagalkan Beto dengan lututnya.

Gyan kembali menebar bahaya untuk Portugal. Lewat tendangan bebas, Kwadwo Asamoah mengarahkan bola ke depan gawang Portugal dan Gyan memenangi duel udara untuk menanduknya. Beruntun bagi Beto bola cuma meluncur lemah.

Portugal mendapatkan keunggulan di menit ke-29. Bermaksud membuang bola umpan silang Miguel Veloso, tendangan Boye justru melambung masuk ke gawang sendiri.

Ronaldo menciptakan peluang lain untuk Portugal tak lama berselang. Dari luar kotak penalti dia melancarkan tendangan, namun mampu diamankan oleh Dauda.

Sementara Ghana memberikan balasan. Umpan lambung Christian Atsu disambut kepala Gyan di dalam kotak penalti. Hanya melesat sedikit di samping kanan gawang.

Berikutnya giliran Gyan yang memberikan umpan untuk Atsu di sisi kiri pada menit ke-40. Yang disebut terakhir lantas melakukan cut inside dan melepaskan tendangan usai mengecoh satu pemain. Hanya melebar.

Portugal memulai babak kedua dengan tertekan. Tembakan Gyan dari luar kotak penalti cuma tipis meleset ke kiri gawang di menit ke-51.

Skor pada akhirnya kembali sama kuat enam menit kemudian. Umpan silang Kwadwo Asamoah dari sisi kiri sukses ditanduk Gyan dan meluncur masuk ke gawang Beto.

Skema yang serupa hampir membuahkan gol lain untuk Ghana tak berselang lama. Kali ini giliran Gyan yang melepaskan umpan silang, namun tandukan Majeed Waris gagal menemui sasaran. Bola sedikit melenceng ke kanan.

Tekanan masih belum beranjak dari Portugal. Dari sebuah sepak pojok di menit ke-68, bola buangan bek Portugal jatuh di kaki Kwadwo Asamoah di luar kotak penalti yang kemudian melepaskan tendangan keras. Hanya melebar.

Kendati demikian, justru Portugal yang berhasil mencetak gol tambahan. Di menit ke-80, Nani melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang kemudian coba dibuang oleh bek Ghana.

Bola lantas melambung tinggi dan jatuh tepat di muka gawang. Dauda meninjunya keluar, tapi bola malah jatuh ke kaki Ronaldo. Tanpa kesulitan Ronaldo menceploskan bola ke gawang.

Ghana langsung merespons dua menit berselang. Lewat sebuah serangan balik, Mubarak Wakaso melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hanya tipis di kiri gawang.

Ronaldo nyaris mencetak gol lagi tak lama kemudian. Menerima sodoran dari Veloso di dalam kotak penalti, Ronaldo mendapatkan ruang tembak yang bagus. Tapi eksekusinya cuma tepat mengarah ke kiper dan ditepis.

Sebuah peluang lain didapatkan oleh Silvestre Varela di menit ke-84. Tapi tembakannya tak membuahkan hasil setelah digagalkan Dauda. Tak ada gol lain di sisa pertandingan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y