Langsung ke konten utama

Brasil Susah Payah Singkirkan Chile Lewat Adu Penalti


Belo Horizonte - Brasil menyingkirkan Chile lewat adu penalti di babak perdelapanfinal. Julio Cesar jadi pahlawan Brasil di babak adu penalti lewat dua penyelamatannya.

Brasil dan Chile bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Gol dari David Luiz di menit ke-18 sempat disamakan oleh Alexis Sanchez di menit ke-32. Setelahnya pertandingan berjalan intens.

Kendati berbagai peluang berhasil diciptakan, baik Brasil maupun Chile gagal memaksimalkan peluang masing-masing dengan baik. Sampai akhirnya pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak tersebut, Cesar menggagalkan dua eksekutor perdana Chile, Mauricio Pinilla dan Alexis Sanchez. Sementara dua eksekutor Brasil, Willian dan Hulk, juga gagal --tendangan Willian melebar, sementara Hulk diblok. Penentuan ada pada penendang kelima Chile, Gonzalo Jara, yang harus menerima nasib tendangannya mengenai tiang gawang.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014) malam WIB, Brasil langsung injak pedal gas begitu kick-off dilakukan.

Baru lima menit pertandingan berjalan, Brasil sudah mendapatkan peluang. Berawal dari sebuah sepak pojok, bola jatuh di kaki Marcelo. Setelah mengecoh satu pemain Chile, Marcelo langsung melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya masih menyamping.

Pada menit ke-12, Hulk yang menusuk ke dalam kotak penalti Chile bertabrakan dengan pemain Chile. Namun, wasit Howard Webb menyatakan bahwa itu bukan pelanggaran dan karenanya tidak ada penalti untuk Brasil.

Brasil akhirnya unggul pada menit ke-18 ketika tendangan sudut Neymar disambar oleh Thiago Silva dengan sundulan. Sundulan tersebut mengarah ke tiang jauh tempat David Luiz berdiri dan langsung diteruskan ke dalam gawang oleh pemain berambut keriting tersebut.

Tertinggal, Chile tidak mengendurkan permainan. Pada menit ke-32, mereka menyamakan kedudukan menjadi 1-1.



Berawal dari sebuah lemparan ke dalam, bola jatuh di kaki Hulk. Namun, Hulk melakukan kesalahan passing dan bola jatuh di kaki Eduardo Vargas. Dengan cepat, Vargas langsung melepaskan operan ke dalam kotak penalti Brasil.

Banyaknya ruang di dalam kotak penalti Brasil memungkinkan Alexis Sanchez untuk melepaskan tendangan. Pemain Barcelona itu melepaskan tendangan datar ke arah sudut dan kiper Julio Cesar tak mampu menjangkaunya.

Dengan mengandalkan kecepatan para pemainnya, Brasil kerap merangsek masuk ke dalam kotak penalti lawan dengan menggunakan dribbling. Namun, berkali-kali usaha mereka gagal.

Jika usaha untuk menusuk masuk ke dalam kotak penalti gagal, Brasil mencoba dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Pada menit ke-41, Dani Alves melepaskan sepakan dari luar boks. Tendangannya memang mengarah tepat ke gawang Chile, namun kiper Claudio Bravo masih bisa menepisnya.

Babak pertama kemudian berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1. Kendati tidak membuat peluang sebanyak Brasil, Chile justru unggul dalam penguasan bola, yakni 57:43.

Pada awal-awal babak kedua, Brasil sempat menceploskan bola ke dalam gawang Chile lewat Hulk. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Howard Webb menganggap Hulk melakukan handball lebih dulu. Hulk sendiri mempertanyakan keputusan itu karena merasa bola hanya mengenai daerah di sekitar dada dan pangkal lengannya.

Chile kemudian berkali-kali merepotkan pertahanan Brasil lewat pressing ketat yang mereka peragakan sejak babak pertama. Salah satu peluang terbaik mereka dalam pertandingan ini ada di menit ke-64 lewat Charles Aranguiz.

Berawal dari kerjasama apik di sisi kiri pertahanan Brasil, bola diteruskan kepada Aranguiz yang berada di dalam kotak penalti Brasil. Dengan sigap, Aranguiz langsung melepaskan tendangan keras dan terarah. Tapi, Julio Cesar bereaksi dengan amat baik. Sepakan Aranguiz tersebut masih bisa diblok olehnya.

Fred, yang kembali tampil di bawah standar, akhirnya digantikan oleh Jo. Pada menit ke-74, Jo sempat mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Hulk, Jo yang berada di tiang jauh langsung melepaskan sontekan kaki kanan. Sial bagi Jo, sontekannya masih melebar tipis.

Brasil terus menggempur pertahanan Chile. Namun, briliannya performa kiper Claudio Bravo membuat Brasil kesulitan. Tercatat, Bravo sukses melakukan penyelamatan terhadap tendangan-tendangan yang dilakukan Neymar dan Hulk dari dalam kotak penalti.



Pertarungan tensi tinggi ini kemudian berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah tidak ada tambahan gol tercipta.

Pada babak perpanjangan waktu, Brasil sempat mendapatkan beberapa peluang. Tendangan bebas Neymar pada menit ke-93 masih bisa dihalau barisan pertahanan Chile. Sementara itu, sundulan Oscar pada menit ke-101 masih bisa ditangkap oleh Bravo.

Hulk, yang dalam laga ini tampil trengginas, sempat membahayakan gawang Chile lewat sepakannya dari luar kotak penalti pada menit ke-103. Namun, Bravo lagi-lagi menggagalkannya. Sepakan Hulk ditepis oleh kiper berusia 31 tahun tersebut.

Menjelang berakhirnya babak perpanjangan waktu, Chile mendapatkan peluang lewat Alexis Sanchez. Namun, tendangan keras Alexis masih menerpa mistar gawang. Lagi-lagi tidak ada tambahan gol dan pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

David Luiz, yang jadi penendang pertama Brasil, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara penendang pertama Chile, Mauricio Pinilla, gagal lantaran tendangannya diblok oleh Julio Cesar.

Penendang kedua Brasil, Willian, gagal mengeksekusi dengan baik. Tendangannya melebar ketika kiper Chile, Claudio Bravo, sudah bergerak ke ara yang salah. Sial buat Chile, kesempatan mereka untuk menyamakan kedudukan sirna setelah tendangan Alexis Sanchez diblok oleh Cesar.

Penendang ketiga Brasil, Marcelo, berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang meski Bravo sempat menyentuh bola. Penendang ketiga Chile, Charles Aranguiz, juga berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Penendang keempat Brasil, Hulk, gagal. Tendangannya digagalkan oleh Bravo. Marcelo Diaz, penendang keempat Chile, berhasil memasukkan bola dan kedudukan pun berubah menjadi 2-2 di babak adu penalti ini.

Neymar, yang jadi penendang kelima Brasil, berhasil mengecoh Bravo dan melakukan tugasnya dengan baik.

Penendang kelima Chile, Gonzalo Jara, pun mendapatkan beban untuk bisa menyamakan kedudukan. Sial buat Jara, tendangannya mengenai tiang dan.. selesai sudah. Brasil keluar sebagai pemenang lewat adu penalti ini dengan skor 3-2. Para pemain dan pendukung Brasil di Estadio Mineirao pun bersorak.



Adu Penalti

Brasil:

David Luiz- Gol
Willian - Gagal (tendangan melebar)
Marcelo - Gol
Hulk - Gagal (diblok)
Neymar - Gol

Chile:

Mauricio Pinilla - Gagal (diblok)
Alexis Sanchez - Gagal (diblok)
Aranguiz - Gol
Marcelo Diaz - Gol
Gonzalo Jara - Gagal (tendangan mengenai tiang)

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…