Langsung ke konten utama

Kalahkan Honduras, Swiss Tantang Argentina di Babak 16 Besar

Manaus - Swiss memastikan diri melangkah ke babak 16 besar usai mengalahkan Honduras dengan telak 3-0. Xherdan Shaqiri menjadi aktor utama kemenangan ini dengan torehan hat-trick.

Swiss memasuki laga di Arena Amazonia, Kamis (26/6/2014) dinihari WIB dengan target menang plus mencatatkan skor sebaik mungkin. Sebab, Ekuador yang di laga lain menghadapi Prancis juga berkesempatan lolos berbekal nilai tiga dan unggul selisih gol atas anak asuh Ottmar Hitzfeld.

Misi tersebut terwujud setelah Shaqiri tampil gemilang dan mencetak tiga gol masing-masing di menit ke-6, 31, dan 71. Langkah mereka kian mantap setelah di laga lain Ekuador hanya bermain imbang dengan Prancis.

Swiss pun lolos ke babak 16 dengan status runner up grup di belakang Prancis. Shaqiri dkk. selanjutnya akan menghadapi Argentina, sementara Prancis melawan Nigeria.

Jalannya Pertandingan

Swiss langsung menekan di awal-awal laga, sebuah peluang tercipta pada menit ke-3. Umpan silang Josip Drmic menemui Xherdan Shaqiri di tengah kotak penalti, namun upaya gelandang Bayern Munich itu digagalkan kiper.

Cuma tiga menit berselang, Swiss mendapatkan keunggulan. Sepakan keras Shaqiri dari luar kotak penalti deras menghujam pojok kiri atas gawang Honduras.

Honduras ganti mengancam lewat tembakan jarak jauh di menit ke-9. Namun upaya Juan Carlos Garcia masih melenceng ke kiri gawang Diego Benaglio.

Shaqiri kembali jadi menciptakan peluang untuk Swiss di menit ke-20. Menerima umpan dari Drmic, Shaqiri kembali melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Kali ini melebar.

Swiss berhasil menambah gol di menit ke-31, di mana Shaqiri lagi-lagi jadi pencetak golnya. Lewat sebuah serangan balik, Drmic menyodorkan umpan terobosan kepada Shaqiri yang tak terkawal dan akhirnya menaklukkan Noel Vallarades dalam duel satu lawan satu.

Giliran Granit Xhaka yang mendapatkan peluang di menit ke-37. Namun tembakan Xhaka meneruskan umpan Gokhan Inler masih di atas mistar gawang.

Jelang turun minum, Swiss mencatatkan dua peluang lain lewat aksi Drmic. Bekerja sama dengan Shaqiri, dua peluang Drmic kandas di tangan Vallarades. Babak pertama pun usai.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Inler sudah menebar bahaya untuk Honduras. Beruntung bagi Honduras, tembakannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Ganti Honduras yang mendapatkan kans di menit ke-49. Wilson Palacios mengirim umpan lambung ke kotak penalti, bola tak mampu diantisipasi dengan baik oleh bek Swiss dan berada dalam jangkauan Jerry Palacios yang tak terkawal. Namun nama terakhir gagal mencocor bola tersebut.

Honduras nyaris memperkecil ketertinggalan tiga menit kemudian. Umpan terobosan Garcia diterima Jerry Bengtson di sisi kiri di dalam kotak penalti. 

Mengantisipasi hal ini, Benaglio bergerak untuk menutup ruang tembak. Namun Jerry sukses menaklukkannya dan bola meluncur ke gawang. Saat itulah Ricardo Rodriguez tiba dan menyapu bola tepat di garis gawang.

Berikutnya dua peluang dicatatkan berturut-turut oleh Shaqiri. Di menit ke-57, kerja samanya dengan Drmic di sisi kanan diakhiri dengan sebuah tembakan kaki kanan. Bisa diantisipasi oleh kiper.

Dua menit kemudian, Shaqiri bekerja sama dengan Admir Mehmedi di sisi yang sama dan membuahkan peluang apik. Sodoran Mehmedi mampu disontek Shaqiri di depan gawang, tapi bola masih membentur badan Valladares.

Honduras mengklaim sebuah penalti di menit ke-62. Jerry Palacios mendapatkan bola di dalam kotak penalti dan dalam posisi berhadapan langsung dengan kiper. Namun sebelum Palacios sempat menyelesaikan peluangnya, dia mendapatkan kontak dari Johan Djorou yang datang dari belakang. Palacios terjatuh, namun wasit tak meniup peluit.

Mereka justru kembali kebobolan di menit ke-72. Lewat sebuah serangan balik, Drmic mendapatkan bola di sisi kiri dan menusuk ke kotak penalti. Setelah mengecoh Victor Bernardez, Drmic melepas umpan silang ke Shaqiri yang tak terkawal di tengah. Sebuah penyelesaian ringan pun mengantarkan Swiss ke gol ketiga di laga ini.

Swiss mendapatkan ancaman empat menit berselang dari sebuah sepak pojok. Umpan Oscar Garcia ditanduk oleh Maynor Figueroa, hanya melambung di atas mistar.

Honduras melanjutkan tekanannya ke menit 78 saat sepakan Andy Najar memaksa Benaglio beraksi. Demikian juga dengan upaya Bengston dua menit berselang, yang kandas di tangan Benaglio.

Swiss balik mengancam lima menit kemudian. Umpan silang Michael Lang dari sisi kanan disambut tendangan kaki kanan Mehmedi. Vallarades susah payah mengamankan gawangnya.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa laga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y