Langsung ke konten utama

Kalahkan Kroasia 3-1, Meksiko Lolos ke Babak 16 Besar

Recife - Meksiko melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 setelah mengandaskan Kroasia 3-1. Namun kemenangan ini tak cukup untuk mengantarkan mereka jadi juara grup.

Berlaga di Arena Pernambuco, Selasa (24/6/2014) dinihari WIB, Meksiko dan Kroasia sempat bertarung sengit hingga pertengahan babak kedua. El Tri kemudian menemukan momentum lewat gol Rafael Marquez, yang disusul torehan Andres Guardado tiga menit berselang.

Satu gol tambahan dari Javier 'Chicharito' Hernandez membawa Meksiko kian menjauh, sementara Kroasia hanya mampu membalas satu gol lewat Ivan Perisic. Makin ironis untuk Kroasia ketika Ante Rebic diusir wasit di penghujung laga.

Dengan hasil ini, Meksiko mengemas nilai tujuh dan lolos dari fase grup. Namun mereka kalah selisih gol dari Brasil yang di laga lain menumbangkan Kamerun 4-1.

Selanjutnya, Meksiko akan menghadapi Belanda yang merupakan juara Grup B.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapatkan Kroasia di menit ke-8 lewat skema sepak pojok. Dari sudut, Danijel Pranjic menyodorkan bola ke Ivan Rakitic yang lantas melambungkan bola ke tengah kotak penalti. Bola disambut sepakan Ivan Perisic, tapi jauh dari sasaran.

Kroasia kembali menciptakan peluang di menit ke-14. Dalam sebuah serangan balik, Rakitic melepaskan umpan terobosan ke Perisic yang lantas meneruskannya dengan sebuah umpan silang. Peluang terbuang karena bola jauh dari jangkauan Olic yang berupaya menyambut.

Dua menit berselang, Meksiko nyaris saja mendapatkan keunggulan. Melakukan umpan satu dua dengan Oribe Peralta tak jauh dari kotak penalti, Hector Herrera mengakhiri serangan dengan sebuah tengan keras ke pojok kanan atas. Dimentahkan mistar gawang.

Meksiko melanjutkan tekanannya di menit ke-19. Giliran Herrera yang memberikan umpan terobosan cantik untuk Peralta yang berlari ke dalam kotak penalti. Namun saat hendak menendang bola, Peraltas terpeleset dan kesempatan pun melayang.

Kroasia kembali memberikan tekanan kepada Meksiko di menit ke-27. Sapuan yang tak sempurna mengantisipasi umpan silang jatuh di kaki Pranjic. Dia kemudian mengarahkan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang. Masih melayang tipis di atas mistar.

Upaya dari luar kotak penalti dilakukan lagi oleh Kroasia dua menit kemudian. Melalui sundulan, Mario Mandzukic menyodorkan bola kepada Perisic yang menyambutnya dengan tendangan keras. Lagi-lagi masih di atas mistar.

Pada menit ke-38, Kroasia mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari muka kotak penalti dan dieksekusi oleh Darijo Srna. Belum membuahkan hasil karena tendangannya masih melambung. Babak pertama usai tanpa ada gol.

Nyaris tak ada peluang berarti di awal-awal babak kedua, kendatipun baik Kroasia maupun Meksiko saling melancarkan serangan.

Baru di menit ke-57, berturut-turut Meksiko menciptakan peluang. Yang pertama melalui tembakan Paul Aguilar dari sisi kanan lapangan. Masih melebar.

Peluang kedua adalah tandukan Peralta menyambut umpan lambung Andres Guardado. Juga belum menemui sasaran, bola masih melambung.

Memasuki menit ke-64, sebuah umpan lambung dari Aguilar di sisi kanan disambut Guardado di dalam kotak penalti dengan tendangan voli kaki kirinya. Bola meluncur deras dan lantas mengenai lengan Srna. Para pemain Meksiko meminta penalti, tapi wasit hanya memberikan sepak pojok.

Dua menit kemudian, Aguilar melakukan tusukan ke sisi kanan dan masuk ke kotak penalti. Dia pada prosesnya melepaskan umpan silang, tapi dengan sigap Stipe Pletikosa mementahkan bola untuk mengamankan gawang.

Meksiko akhirnya benar-benar mencetak gol. Mendapatkan sepak pojok di menit ke-72, umpan dari Hector Herrera ditanduk oleh Rafael Marquez yang memenangi duel dengan Vedran Corluka.

Hanya tiga menit berselang, Meksiko menggandakan skor. Dari sebuah serangan balik, Chicarito mengoper kepada Peralta di kanan yang kemudian melepaskan umpan silang ke sisi kiri. Bola disambut sepakan Guardado dan meluncur deras ke gawang.

Meksiko kian menegaskan keunggulannya setelah mencetak gol ketiga di menit ke-82. Bola sepak pojok sempat mengenai kepala Marquez dan berbelok arah ke Chicarito yang lolos dari pengawalan di dekat tiang kiri gawang. Tanpa kesulitan dia mencocor bola masuk ke gawang.

Lima menit kemudian, Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan. Umpan tumit dari Rakitic diterima Perisic di sisi kiri di dalam kotak penalti, yang kemudian melepas tendangan keras ke pojok kanan bawah dari sudut cukup sempit.

Namun tak berselang lama, Kroasia harus bermain dengan 10 orang menyusul dikartu merahnya Ante Rebic. Rebic diusir wasit usai melanggar Carlos Pena.

Kroasia masih sempat mencatatkan sebuah peluang di masa injury time. Umpan silang Rakitic disambut tendangan Perisic di dalam kotak penalti. Tapi berhasil diselamatkan oleh Guillermo Ochoa.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…