Langsung ke konten utama

Kalahkan Rusia 1-0, Belgia Lolos ke Perdelapanfinal

Rio de Janiero - Belgia harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk bisa mencetak gol kemenangan atas Rusia. 'Setan Merah' menang 1-0 sekaligus memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Pada laga yang dihelat di Maracana, Minggu (22/6/2014) malam WIB, pertandingan relatif jalan biasa-biasa saja sejak menit awal. Tak banyak peluang hadir dari kedua tim.

Tampaknya laga akan berakhir imbang sampai Divock Origi mencetak satu-satunya gol di laga ini pada menit 87 sekaligus menambah poin Belgia menjadi enam dari dua laga.

Kondisi ini membuat tim asuhan Marc Wilmots itu lolos ke perdelapanfinal sebagai wakil pertama Grup H. Perolehan poin Belgia itu minimal akan menempatkan mereka di posisi kedua.

Sementara Rusia baru mengumpulkan 1 poin dari dua laga usai di laga pertama bermain imbang 1-1 dengan Korea Selatan.

Jalannya Pertandingan

Rusia ambil inisiatif serangan sejak menit awal dan membuat Belgia sedikit kerepotan.

Di menit 11 anak asuh Fabio Capello itu benar-benar bikin jantung pendukung Belgia berdegub kencang usai Roman Faizulin melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang bisa ditepis Thibaut Courtois.

Rusia masih menguasai jalannya laga dan membuat Belgia sulit menembus pertahanan mereka.

Di menit 27 Rusia meminta penalti kepada wasit usai Maksim Kanunnikov dijatuhkan Toby Alderweireld di kotak terlarang, namun sang pengadil bergeming dan menganggap itu bukan pelanggaran.

Rusia mengancam lagi gawang Belgia dua menit sebelum turun minum. Dari sisi kiri, crossing Denis Glushakov menempatkan bola di antara dua bek tengah Belgia dan disambut Denis Kokorin.

Bebas tanpa kawalan, Kokorin gagal menjaga akurasi sundulannya dan bola melenceng tipis di sisi kiri gawang Courtois.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Di babak kedua pertandingan berjalan dalam tempo lebih pelan dibanding babak sebelumnya. Relatif tak ada peluang berbahaya dari kedua tim.

Opta melansir sampai menit 77 Belgia sama sekali tak punya shot on target sementara Russia cuma tiga.

Sepuluh menit jelang bubaran Rusia punya peluang terbaik lewat Andrey Eschenko yang melakukan overlap dan menyambar bola lewat sepakan menyilang dari luar kotak penalti, tapi bola masih menyamping.

Kevin Mirallas yang masuk sebagai pengganti memberi Belgia peluang bagus pertama di laga ini pada menit 83. Mendapat sepakan bebas sedikit di depan kotak penalti, Mirallas berhasil membuat bola melewati pagar hidup tapi tidak dengan tiang gawang.

Dua menit berselang Eden Hazard yang dikerubungi bek-bek Rusia melepaskan sepakan keras ke arah gawang tapi bola menemuui sasaran.

Kebuntuan akhirnya pecah tiga menit jelang waktu normal usai. Hazard mengawali serangan Belgia usai menerima umpa Origi dan berlari hingga ke kotak penalti.

Mendekati garis out, ia kemudian menyodorkan umpan tarik yang dituntaskan dengan baik oleh Origi dengan kaki kanannya.

Mirallas di menit 90 berpeluang menggandakan keunggulan Belgia tapi sayang sepakannya usai meneruskan umpan Hazard masih terlalu lemah dan bisa ditepis Igor Akinfeev.

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan Belgia pun melaju ke babak 16 besar.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…