Langsung ke konten utama

Sengit, Marquez Kalahkan Lorenzo di Mugello


Mugello - Marc Marquez dan Jorge Lorenzo terlibat pertarungan sengit di MotoGP Italia. Berulang kali saling susul, Marquez akhirnya menyentuh garis finis lebih dulu, yang membuatnya masih mencatatkan 100% kemenangan musim ini.

Di Sirkuit Mugello, Minggu (1/6/2014) malam WIB, Marquez dan Lorenzo terlibat persaingan sangat sengit sejak lap ke 16. Sampai akhirnya menyentuh garis finis, kedua rider itu berulang kali terlibat aksi saling susul dan memunculkan manuver menegangkan yang bisa saja membuat keduanya terjatuh karena senggolan di atas motor.

Keberhasilan Marquez menyalip Lorenzo di lap terakhir menjadi kunci kemenangan sang juara dunia. Meski terus dibayangi Lorenzo, pebalap 21 tahun itu berhasil menjadi yang pertama sampai di garis finis.

Kemenangan ini membuat Marquez berhasil menjaga rekor 100%: enam kemenangan dari enam balapan. Posisi pebalap spanyol itu di puncak klasemen MotoGP pun makin kokoh dengan sejauh ini sudah mengoleksi 150 poin.

Buat Lorenzo, finis kedua adalah capaian terbaik dia di musim ini. Hasil runner up di MotoGP Italia ini membuat dia total telah mengumpulkan 65 poin. 

Valentino Rossi, yang menjalani balapan ke-300 di seri ini, harus puas dengan posisi tiga. The Doctor mengungguli Dani Pedrosa yang ada di belakangnya.

Sama seperti Le Mans dua pekan lalu, Marquez gagal memanfaatkan momentumnya sebagai pemilik pole position. Dia kalah start dan langsung turun ke posisi ketiga saat memasuki tikungan pertama ke arah kanan. Langsung melonjak ke urutan terdepan adalah Jorge Lorenzo, yang diikuti Andrea Iannone di posisi kedua.

Dari kelompok di belakang, Rossi juga bisa langsung naik ke posisi tujuh setelah memulai balapan di urutan 10. Belum genap satu putaran, jagoan tuan rumah itu sudah naik ke posisi enam. Masih di lap yang sama Lorenzo sudah mengambil alih status pimpinan balapan setelah dia menyalip Iannone.

Usai melewati lap pertama Rossi kembali naik posisinya. Dia mendahului dua pebalap untuk bisa duduk di posisi empat. 

Di posisi terdepan Lorenzo terus mencoba menjauhkan jarak. Sementara Marquez masih tertahan di posisi tiga di belakang Iannone. Namun Iannone tak bertahan lama di bawah tekanan Marquez karena di tengah lap kedua Marquez akhirnya bisa mengambil posisi kedua.

Memasuki lap ketiga jarak Lorenzo dengan Marquez mendekati satu detik. Sementara Rossi melanjutkan performa apiknya dengan menyusul Iannone demi bisa menguntit Marquez di posisi tiga. Di putaran ini Lorenzo berada di posisi terdepan, Marquez kedua dan Rossi ketiga.

Tak banyak perubahan posisi terjadi di barisan depan sampai beberapa lap berikutnya. Perubahan yang cukup signifikan adalah Dani Pedrosa berhasil naik ke posisi empat setelah mendahului Iannone pada lap tujuh. Pebalap Honda itu sebelumnya sempat terlempar ke posisi tujuh di awal balapan, meski dapat posisi start empat.

Di lap ke-12 Lorenzo masih berada di posisi terdepan, namun dia mulai dapat tekanan hebat dari Marquez yang mulai membayangi di belakangnya. Selisih keduanya saat itu ada di kisaran 0,02 detik saja

Perubahan pimpinan balapan akhirnya terjadi di lap 16. Memanfaatkan kecapatan motornya yang lebih unggul, Marquez menyalip Lorenzo di lintasan lurus Start/Finish.

Memasuki lap 17 gantian Lorenzo mengasapi Marquez, kali ini pebalap Yamaha itu menyalip Marquez dari sisi dalam lintasan pada tikungan pertama. Karena melebar, Lorenzo sempat kembali turun ke posisi kedua. Tapi itu cuma bertahan satu tikungan lantaran juara dunia dua kali itu sekali lagi merebut posisi pimpinan race.

Saat balapan tersisa empat putaran Marquez kembali memanfaatkan kecepatan motornyan untuk merebut posisi terdepan di trek lurus. Tapi Lorenzo tak menyerah, di tikungan kedua dia membuat manuver berani untuk kembali berada di urutan terdepan. Selanjutnya mereka berduel sangat sengit yang memuat motor keduanya sampai bersenggolan. Lorenzo unggul di lap ini.

Kondisi serupa terjadi di lap ke-20 dan 21. Marquez selalu unggul saat di lintasan lurus. Namun memasuki tikungan pertama atau kedua Lorenzo tampil berani untuk merebut posisi satu lagi. Lorenzo masih berada di posisi terdepan saat race tersisa dua putaran, yang membuat dia punya peluang besar menyudahi rangkaian kemenangan Marquez.

Tapi memasuki final lap, Marquez kembali menyalip Lorenzo di dlintasan lurus. Kali ini pebalap muda asal Spanyol itu berhasil mempertahankan posisinya dari serangan Lorenzo. Marquez masih dalam bayang-bayang ketat Lorenzo saat menyentuh garis finis.

Hasil MotoGP Italia

 1. Marc Marquez Honda 41m38.254s
 2. Jorge Lorenzo Yamaha +0.121s
 3. Valentino Rossi Yamaha +2.688s
 4. Dani Pedrosa Honda +14.046s
 5. Pol Espargaro Tech 3 Yamaha +15.603s
 6. Andrea Dovizioso Ducati +17.042s
 7. Andrea Iannone Pramac Ducati +17.129s
 8. Alvaro Bautista Gresini Honda +27.407s
 9. Aleix Espargaro Forward Yamaha +41.886s
10. Yonny Hernandez Pramac Ducati +45.212s
11. Michele Pirro Ducati +45.433s
12. Karel Abraham Cardion Honda +45.831s
13. Scott Redding Gresini Honda +45.839s
14. Hiroshi Aoyama Aspar Honda +46.834s
15. Colin Edwards Forward Yamaha +1m09.554s
16. Michael Laverty PBM Aprilia +1m17.789s
17. Broc Parkes PBM Aprilia +1m35.031s
18. Mike di Meglio Avintia FTR-Kawasaki +1m37.501s

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…