Langsung ke konten utama

Singkirkan Kosta Rika Lewat Adu Penalti, Belanda Maju ke Semifinal

Salvador - Belanda berhasil merebut tempat terakhir di babak semifinal. Hasl itu didapat Belanda berkat kemenangan atas Kosta Rika lewat adu penalti 4-3 usai bermain 0-0 sampai babak perpanjangan waktu.

Pada pertandingan di Arena Fonte Nova yang tuntas Minggu (6/7/2014) pagi WIB, secara keseluruhan Belanda tampil lebih dominan. 

Statistik FIFA mencatat skuat arahan Louis van Gaal itu memiliki 64 persen penguasaan bola dan 69 serangan berbahaya. Sebanyak 20 percobaan tercipta dengan 15 upaya mengarah ke gawang namun tidak ada yang berhasil menjadi gol.

Sementara itu, Kosta Rika memiliki 36 persen penguasaan bola dan 33 serangan berbahaya. Hanya enam percobaan yang bisa hasilkan Keylor Navas dkk. dan cuma tiga yang mengarah ke sasaran.

Tim Krul muncul sebagai pahlawan Belanda meski baru masuk di akhir 15 menit kedua perpajanngan waktu, menggantikan Jesper Cillesen. Kiper Newcastle United itu berhasil mementahkan tendangan penalti dua pemain Kosta Rika.

Dalam perebutan tempat di final, Belanda akan menghadapi juara dunia dua kali, Argentina, yang di pertandingan sebelumnya menang tipis 1-0 atas Belgia. 

Jalannya Pertandingan


Sejak awal pertandingan, Belanda dan Kosta Rika saling jual beli serangan. Namun hingga 20 menit awal pertandingan, belum ada satupun upaya kedua tim yang mampu menguji kiper masing-masing lawan.


Belanda nyaris membuka skor lewat peluang pertamanya di menit ke-22. Robin van Persie yang sudah dalam posisi bebas di dalam kotak gagal menuntaskan tugasnya setelah sepakannya mengarah kepada kiper Keylor Navas.


Bola rebound pun gagal dimanfaatkan Wesley Sneijder karena sepakannya pun berhasil ditangkap Navas. 


Navas kembali menyelamatkan Kosta Rika. Di menit ke-29, Navas menggagalkan upaya Memphis Depay dari sayap kiri yang berujung serangan balik Kosta Rika namun kandas akibat hand ball pemainnya.


Ancaman berbahaya dari Kosta Rika di menit ke-34. Sebuah kemelut di depan gawang nyaris menciptakan gol bagi wakil Amerika Selatan itu, tapi bola berhasil diamankan Martins Indi.


Pelanggaran terhadap Arjen Robben menghasilkan tendangan bebas bagi Belanda di menit ke-39. Sepakan keras Sneijder yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Kosta Rika bisa ditepis oleh Navas.


Penjagaan Navas kembali menggagalkan upaya Belanda. Di menit ke-42, umpan terobosan diterima Van Persie di dalam kotak tapi sebelum bisa menembak bola lebih dulu dicegat Navas.


Pasca restart, Belanda dan Kosta Rika masih terus saling menyerang. Saat laga menunjuk satu jam, Kosta Rika menciptakan serangan balik berbahaya setelah Diaz menusuk kotak penalti. Namun, sebelum bola bisa dialirkan lebih dulu diblok.


Peluang emas bagi Kosta Rika di menit ke-65. Diawali tendangan bebas jarak jauh, bola disundul oleh Giancarlo Gonzalez di tiang dekat namun melambung.

Belanda nyaris membuka skor di menit ke-82. Pelanggaran terhadap Robben menghasilkan tendangan bebas di luar kotak. Sneijder melepaskan sepakan keras tapi gol gagal tercipta karena bola membentur tiang. Skor masih 0-0.


Semenit jelang waktu normal habis, Van Persie menyia-nyiakan peluang menciptakan gol. Umpan matang Sneijder dari sisi kanan tiba di kotak penalti, namun kaki Van Persie gagal menjangkau bola.


Gawang Kosta Rika masih selamat! Di masa injury time, sebuah kemelut di depan gawang diakhiri dengan sepakan Van Persie namun bola membentur mistar gawang.


Di babak tambahan pertama, Belanda langsung mengancam di menit-menit awal. Tapi sundulan Ron Vlaar ke arah tiang jauh masih mentah di tangan Navas.


Setelah lebih banyak di bawah tekanan Belanda, Kosta Rika menyerang balik di menit ke-117. Sebuah gol nyaris tercipta andai sepakan Urena dari tengah gagal diselamatkan kiper Jasper Cillessen.


Hanya dua menit berselang, serangan balik Belanda kembali 'menggetarkan' gawang Kosta Rika. Sepakan keras Sneijder membentur mistar gawang. Kedudukan tetap 0-0 dan berlanjut ke adu penalti.


Kosta Rika dan Belanda memulai dengan meyakinkan. Sepakan Celso Borges dan Van Persie menjadikan skor imbang 1-1.

Bryan Ruiz maju sebagai eksekutor kedua Kosta Rika, namun arah tendangannya berhasil dibaca oleh kiper pengganti Tim Krul. Robben menjadikan Belanda memimpin 2-1 usai mengirim Navas ke arah yang salah.


Kosta Rika menyamakan skor 2-2 setelah Giancarlo Gonzalez melesakkan sepakan penaltinya melewati Krul. Tapi Belanda belum goyah usai penalti Sneijder menembus penjagaan Navas.

Christian Bolanos membuat Kosta Rika bertahan setelah dengan tenang mengonversi penaltinya. Skor penalti 3-3 sekarang. Dirk Kuyt maju sebagai penendang keempat Belanda dan sepakannya berhasil menambah angka bagi timnya.

Kemenangan Belanda ditentukan setelah tendangan penalti Michael Umana bisa diselamatkan oleh Krul. Belanda pun menang adu penalti 4-3.

Adu Penalti


Belanda:

Van Persie - Gol

Robben - Gol

Sneijder - Gol
Kuyt - Gol


Kosta Rika:

Borges - Gol

Ruiz - Gagal (Ditepis)

Gonzalez - Gol
Bolanos - Gol
Umana - Gagal (Ditepis)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y