Langsung ke konten utama

Kalahkan Atletico 3-2, Barcelona ke Semifinal

Madrid - Duel sengit terjadi di leg kedua babak delapan besar Copa del Rey. Diwarnai dua kartu merah, penalti kontroversial dan pelemparan sepatu pada hakim garis, Barcelona menang 3-2 atas Atletico Madrid dan berhak lolos ke semifinal..

Di Vicente Calderon, Kamis (29/1/2015) dinihari WIB, dua kali Atletico unggul lebih dulu, namun Barcelona selalu bisa menyamakan kedudukan dan akhirnya justru keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Seluruh gol tersebut tercipta di babak pertama.

Pertandingan juga berjalan sangat panas dengan ada 11 kartu kuning dikeluarkan wasit, di mana delapan untuk Atletico dan tiga bagi Barca. Selain itu wasit juga mengeluarkan dua kartu merah yakni untuk Gabi dan Mario Suarez. Wasit memberi tuan rumah penalti kontroversial, namun tidak menunjuk titik putih saat Jordi Alba jelas menghalau bola dengan tangannya. Sementara Arda Turan dikartu kuning karena melempar sepatu ke arah asisten wasit.

Berupaya mengejar ketinggalan 1-0 dari hasil di Camp Nou pada leg pertama, Atletico tampil sangat agresif di awal pertandingan. Laga baru berjalan 38 detik tuan rumah sudah unggul lewat gol Fernando Torres. Namun Barcelona berhasil menyamakan kedudukan melalui Neymar.

Penalti Raul Garcia yang membuat Atletico unggul di menit 30 juga tak bertahan lama karena bunuh diri Miranda membuat skor kembali sama kuat. Adalah Neymar yang kemudian menjadi penentu kemenangan skuat besutan Luis Enrique.

Lolos ke semifinal, Barcelona akan berhadapan dengan pemenang laga antara Villarreal dan Getafe.

Jalannya Pertandingan

 Atletico menjalani start terbaik yang bisa melakukan demi mengejar ketinggalan satu gol setelah Torres menjebol gawang Barca di detik ke-38. Dapat umpan dari tengah lapangan, Torres dengan lihai memperdaya Javier Mascherano dan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang dia sepak mengenai tiang sebelum akhirnya masuk ke gawang.

Namun keriangan kubu Atletico tak bertahan lama karena Barca menyamakan skor delapan menit berselang. Di wilayah permainan Barcelona Lionel Messi memdapat bola buangan Dani Alves dan melepas umpan cungkil pada Luis Suarez. Striker asal Uruguay itu langsung mengirim si kulit bundar pada Neyma yang menusuk dari tengah lapangan. Tak lagi terkejar pemain belakang tuan rumah, sepakan Neymar di dalam kotak penalti mengubah skor jadi 1-1. Serangan balik mematikan dari The Catalans.

Griezman! Oh, sepakannya dari muka gawang saat menerima umpan dari sisi kiri terlalu lemah. Bola yang melayang pelan menuju gawang dipetik Marc-Andre; ter Stegen dengan mudah.

Di menit 30 Atletico dapat penalti menyusul pelanggaran Mascherano terhadap Juanfran. Bek asal Argentina itu memptotes keputusan wasit karena insiden terjadi tipis di luar kotak penalti. Tayangan lambat mengonfirmasi keberatan Mascherano. Skor pun berubah jadi 2-1 setelah Raul Garcia sukses mengeksekusi tembakan penalti tersebut.

Namun lagi-lagi Barca cuma butuh delapan menit untuk menyamakan kedudukan. Atletico kebobolan melalui cara yang sangat tidak biasa terjadi saat tendangan sudut Ivan Rakitic yang sempat dibelokkan Sergio Busquets malah dibelokkan ke gawang oleh Miranda. Gol bunuh diri membuat Barca kembali menyamakan kedudukan.

Di menit 41 Atletico mengklaim penalti setelah sepakan keras Griezman dari dalam kotak penalti membentur tangan Alba tepat di muka gawang. Wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dan pertandingan berlanjut.

Dari momen tersebut bencana lain mendatangi Atletico karena dari serangan balik yang dibangun Barca bisa mencetak gol ketiga. Messi kembali punya peran dana terciptanya gol ini saat dia dengan jeli melihat pergerakan Alba yang menusuk di sisi kiri. Alba harus menjatuhkan diri menggapai bola, namun upayanya tidak sia-sia karena bola yang dia crossing bisa diteruskan menjadi gol oleh Neymar. Barca balik unggul 3-2.

Tuan rumah kehilangan satu pemainnya saat babak pertama sudah tuntas. Gabi diacungi wasit kartu merah di dalam lorong menuju ruang ganti pemain, diduga terkait cekcok antara Neymar dan Torres.

Tensi tinggi pertandingan masih terasa di awal babak kedua. Salah satu momen unik yang terjadi adalah ketida Arda Turan kecewa dengan keputusan hakim garis dan melemparnya menggunakan sepatu. Asisten wasit luput dari serangan tersebut, namun Turan diganjar hukuman kartu kuning.

Namun setelah itu intensitas laga menurun. Dalam posisi unggul agregat 4-2 Barcelona mulai memainkan ball possession dengan memutar bola di tengah lapangan.

Peluang bersih pertama Atletico di paruh kedua diciptakan Cani saat sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti diblok Ter Stegen dengan satu tangan pada menit 71. Tak lama berselang Messi yang punya kans memperbesar keunggulan timnya saat sepakan mendatar yang dia lepaskan masih bisa ditangkap Jan Oblak.

Sembilan menit jelang laga tuntas Andres Iniesta tinggal berhadapan dengan oblak usai dapat umpan terukur dari Messi. Namun sepakan mendatar Iniesta terhadang kiper, sementara upaya rebound Alba juga tidak membuahkan hasil.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…