Langsung ke konten utama

Barcelona Atasi Villarreal 3-1

Barcelona - Barcelona mendapat modal kemenangan di leg pertama babak semifinal Copa del Rey. Menjamu Villarreal, Kamis (12/2/2015) dinihari WIB,Blaugrana meraih kemenangan 3-1.

Dalam pertandingan di Camp Nou, Kamis (12/2/2015) dinihari WIB, Barca yang tampil dominan baru membuka keunggulan empat menit jelang turun minum lewat sepakan Lionel Messi. Namun Manuel Trigueros membawa Villarreal menyamakan kedudukan di awal babak kedua.

Skor imbang tak bertahan lama. Andres Iniesta langsung membalas gol Trigueros dan tandukan Gerard Pique melengkapi kemenangan Barca.

Hasil ini memberi keuntungan bagi Barca dalam menatap laga leg kedua di markas Villarreal. Pertandingan leg kedua akan digelar di El Madrigal pada 4 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal, Barcelona mendominasi jalannya pertandingan. Tim tuan rumah mendapat peluang pertama di menit ke-12 lewat tembakan Lionel Messi dari luar kotak penalti. Sempat membentur pemain Villarreal, bola sepakan Messi bisa ditangkap oleh Sergio Asenjo.

Messi kembali mendapat peluang di menit ke-24. Namun kali ini tembakan volinya dari luar kotak penalti menyambut crossing Jordi Alba dari sisi kiri masih menyamping dari gawang.

Lima menit berselang, upaya Messi lagi-lagi belum menemui sasaran. Tembakannya meneruskan umpan dari Andres Iniesta kembali melebar.

Jeremy Mathieu sempat menjebol gawang Villarreal di menit ke-32 lewat sepakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan terobosan dari Rafinha. Namun gol Mathieu dianulir karena bek asal Prancis itu lebih dulu berada dalam posisi offside.

Barca akhirnya memecah kebuntuan empat menit jelang turun minum. Setelah mencuri bola dari Mateo Musacchio, Suarez kemudian merangsek ke dalam kotak penalti Villarreal. Suarez lantas menyodorkan bola kepada Messi yang menuntaskannya menjadi gol.

Unggul satu gol, Barca makin bersemangat untuk menambah keunggulan. Tak lama setelah menjadi kreator gol Messi, Suarez hampir mencetak golnya sendiri. Tapi tembakannya dari sisi kanan hanya bergulir di depan gawang.

Jelang berakhirnya babak pertama, Villarreal menebar ancaman untuk gawang Barca. Sepakan Luciano Vietto meneruskan bola dari Denis Cheryshev memaksa Marc-Andre Ter Stegen untuk melakukan penyelamatan.

Peluang Vietto itu menjadi peluang terakhir di babak pertama. Barca memasuki jeda dengan keunggulan 1-0 atas tamunya.

Memasuki babak kedua, Villarreal langsung merespons dengan gol cepat. Tiga menit usai restart, Villarreal menyamakan kedudukan lewat gol yang diciptakan Manuel Trigueros.

Gol ini berawal dari Suarez yang kehilangan bola di area pertahanan sendiri. Trigueros yang mencuri bola kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dan tak mampu dihalau oleh Ter Stegen.

Kebobolan, Barca langsung membalas. Hanya berselang satu menit dari gol Villarreal, Iniesta mencetak gol untuk mengembalikan keunggulan Barca. Dia menuntaskan kerja sama satu-duanya dengan Suarez dengan sepakan dari dalam kotak penalti.

Keunggulan Barca bertambah di menit ke-64. Sepak pojok Messi ke arah tiang jauh disambut sundulan oleh Gerard Pique untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Di menit ke-70, Barca mendapat kesempatan emas untuk makin meninggalkan Villarreal. Tim tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Musacchio melakukan handball di kotak terlarang. Neymar maju sebagai eksekutor. Tapi tendangannya bisa diblok oleh Asenjo.

Villarreal bukan tanpa peluang. Giovani Dos Santos yang memanfaatkan buruknya Ter Stegen dalam menghalau bola hasil sepak pojok nyaris menjebol gawang Barca. Tapi sundulannya masih menyamping dari gawang.

Peluang kembali didapat Villarreal, kali ini dari sebuah serangan balik dari sisi kiri. Setelah menerima bola dari Luciano Vetto, Moi Gomes kemudian mencari ruang untuk melepaskan tembakan. Namun upayanya masih bisa diblok oleh Mathieu.

Postingan populer dari blog ini

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…

Barcelona Berimbang dengan Madrid 2-2

Barcelona - Duel El Clasico jilid kedua berakhir tanpa pemenang. Bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua, Barcelona akhirnya imbang dengan Real Madrid 2-2.

Bertanding di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dinihari WIB, Barca membuka keunggulan lewat gol Luis Suarez sebelum disamakan Madrid melalui Cristiano Ronaldo. Setelah turun minum, Lionel Messi membawa tim tuan rumah kembali memimpin tapi Gareth Bale memaksakan hasil imbang.

Barca tidak tampak kewalahan meski bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua. Menyusul diusirnya Sergi Roberto setelah menerima kartu merah di penghujung babak pertama.

Dengan hasil ini, Barca masih menjaga peluang tidak terkalahkan sampai akhir musim. Dalam 35 pertandingannya, Barca mendulang 26 kemenangan dan sembilan laga seri sehingga mengoleksi 87 poin.

Madrid berada di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 72 poin, tertinggal 15 poin dari rival abadinya itu.

Jalannya Pertandingan

Ancaman Barcelona hadir saat pertandingan belum genap…

Comeback Dramatis, Barcelona Imbangi Sevilla 2-2

Sevilla - Barcelona berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Sevilla. Sempat tertinggal 0-2, Blaugrana comeback dengan memaksa laga berakhir dengan skor 2-2.
Lini pertahanan Barca sangat buruk saat bertandang ke Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB. Situasi itu membuat mereka tertinggal 0-2 lewat gol Franco Vazquez di menit ke-36 dan Luis Muriel di menit ke-50.
Namun, Barca tak cepat menyerah dalam laga ini. Mereka terus semakin meningkatkan intensitas serangan selama sisa waktu pertandingan.
Hasilnya pun tak mengecewakan untuk klub asal Catalunya itu. Gol Suarez di menit ke-88 dan Lionel Messi di menit ke-89 membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.
Tambahan satu poin tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen. Blaugrana memimpin dengan 76 poin dari 30 laga. Namun, jarak mereka dengan Atletico Madrid di posisi kedua bisa terkikis.
Jika Atletico bisa menang saat menjamu Deportivo La Coruna pada Senin (2/4/2018) dinihari WIB, jarak 12 poin akan menjadi …