Langsung ke konten utama

Hantam Bilbao 5-2, Barcelona Rapatkan Jarak dengan Madrid

Bilbao - Barcelona memberi tekanan hebat pada Real Madrid di puncak klasemen. The Catalans kini cuma terpaut satu poin dari Los Merengues setelah meraih kemenangan gemilang 5-2 dari lawatan ke Athletic Bilbao.

Bertanding 24 jam setelah Madrid menelan kekalahan telak oleh Atletico Madrid, Barcelona tampil sangat dominan atas Bilbao. Gol Lionel Messi dan Luis Suarez memberi tim tamu keunggulan 2-0 di babak pertama.

Gol Mikel Rico di awal babak kedua sempat memberi Bilbao harapan untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun Barcelona bereaksi cepat atas gol tersebut dan langsung membalas dua kali kembali melalui Messi dan Neymar.

Aritz Aduriz sempat membuat kedudukan berubah menjadi 4-2, namun upaya Bilbao memberikan perlawanan lebih lanjut pupus setelah mereka justru kehilangan Xabier Etxeitia yang dikartu merah. Barcelona lantas menambah keunggulan melalui Pedro Rodriguez empat menit sebelum laga tuntas. Pertandingan pun berakhir dengan 5-2.

Poin maksimal dan kemenangan besar ini membuat Barcelona kini cuma berjarak satu angka dengan Madrid di posisi teratas. Dengan masih ada 16 pertandingan tersisa di musim ini, persaingan antara keduanya dan juga Atletico Madrid bakal terus memanas.

Jalannya Pertandingan

Barcelona menghadapi perlawanan sengit dari Bilbao di awal pertandingan. Tuan rumah terus menekan pemain Barca yang menguasai bola dan memasang garis pertahanan tinggi.

Barcelona pada akhirnya cuma butuh waktu 15 menit untuk membuka skor. Tendangan bebas Messi tak jauh dari kotak penalti masuk ke gawang usai berbelok arah karena membentur pagar hidup pemain Bilbao. Bola yang berganti arah tak sampai digapai kiper Gorka Iraizoz yang sudah terlanjur salah langkah.

Bilbao nyaris membuat gol penyama tak lama bereselang. Di tengah kawalan dua pemain Barca Iker Muniain berhasil menjulurkan kaki membelokkan bola yang diumpan dari sisi kiri. Upaya tersebut gagal berbuah gol karena kiper Claudio Bravo membuat penyelamatan gemilang.

Suarez! Oh, peluang emas yang terbuang. Neymar mengirim umpan backheel ke Messi yang kemudian mengirimnya ke tiang jauh. Di sana Suarez berdiri tanpa kawalan dan sempurna menanduk bola sambil melompat, tapi si kulit bundar tak masuk ke gawang karena kiper melakukan penyelamatan gemilang.

Di menit 23 Bravo kembali membuat penyelamatan ketika dia menghalau bola tendangan bebas yang mengalir deras menuju gawangnya.

Suarez Goll!! Barcelona membangun serangan balik cepat melibatkan tiga pemain depannya. Neymar di sisi kiri mengirim umpan pendek pada Suarez, bintang asal Uruguay itu menahan bola untuk menunggu Messi naik di sisi kanan. Usai menggiring bola mendekati kotak penalti Messi mengirim kembali bola pada Suarez, sepakan keras suarez mengarah ke sudut gawang dan mengubah skor jadi 2-0 di menit 25.

Xavi punya kans besar mengubah kedudukan jadi 3-0 saat dia lolos dari jebakan offside dan berhasil melewati kiper dalam posisi satu lawan satu. Bukannya langsung menembak bola dia malah mengirim umpan ke Neymar, yang sontekannya terhadang bek lawan di muka gawang. Upaya rebound akrobatik Suarez juga tak membuahkan hasil.

Tiang gawang menyelamatkan Barcelona di menit 31. Tandukan Aduriz sudah tak terkejar oleh Bravo yang terlajur keluar berupaya menjemput bola, tapi si kulit bundar ternyata masih menabrak tiang dan memantul keluar. Babak pertama tuntas dengan skor 2-0.

Setelah peluang Lopez di menit 56 gagal dituntaskan menjadi gol, Bilbao akhirnya bisa memperkecil ketinggalan di menit 59. Berawal dari sepakan Aduriz di dalam kotak penalti yang masih bisa diblok Bravo, bola yang mental ke tengah kotak penalti di-rebound Mikel Riko menjadi gol dan mengubah kedudukan jadi 2-1.

Gol tersebut membuat Bilbao makin kencang melancarkan serangan ke kubu Barcelona. Namun itu menjadi blunder karena The Catalans mencetak dua gol tambahan hanya dalam selang waktu dua menit. Menyongsong umpan yang dilepaskan Suarez, sepakan Messi masuk ke gawang setelah lebih dulu membentur dada De Marcos di menit 62.

Dua menit berselang gantian Neymar yang mencatatkan namanya di papan skor saat sepakan terarahnya dari dalam kotak penalti mengarah ke sudut kiri gawang. Skor kini 4-2 untuk Barca.

Neymar nyaris menambah jumlah golnya saat dia tinggal berhadapan dengan kiper Iraizoz. Berupaya mencungkil bola, sontekan Neymar terbaca sehingga bola dengan mudah diamankan penjaga gawang.

Hanya lima menit setelah Neymar bikin gol Bilbao kembali membalas. Aduriz menghantam Barcelona lewat serangan balik cepat, sepakan kerasnya dari tepi kotak penalti mengantar bola melewati Gerard Pique dan tak kuasa dihalau kiper. Gol untuk Bilbao dan skor kini 4-2.

Gol tersebut membuat pemain Bilbo kembali bersemangat. Namun mereka langsung dapat pukulan lain karena Xabier Etxeitia diacungi kartu kuning untuk kali kedua. Sejak menit 75 Bilbao bermain dengan 10 orang.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Barceloana. Di menit 86 Pedro Rodriguez menyambar umpan dari sisi kanan untuk menyontek bola ke dalam gawang dari jarak dekat. Kedudukan kini 5-2 untuk Barcelona.

Di periode injury time Barcelona punya kesempatan menambah golnya menjadi setengah lusim. Namun sepakan Neymar yang terhalau kiper Iraizoz dalam posisi satu lawan satu membuat Barca 'harus' puas dengan skor 5-2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y