Langsung ke konten utama

Sempat Dua Kali Tertinggal, Barca Tundukkan Villarreal 3-2

Barcelona - Barcelona dua kali tertinggal kala menjamu Villarreal. Tapi dua kali pula Blaugrana menyamakan kedudukan, bahkan membalikkan keadaan hingga menang 3-2.

Menjamu Villarreal di Camp Nou, Senin (2/2/2015) dinihari WIB, Barca seperti biasanya tampil dominan sejak awal. Mereka mencatatkan 70% penguasaan bola dan menciptakan beberapa peluang apik di 25 menit pertama.

Tapi mereka justru kebobolan lebih dahulu oleh Denis Cheryshev. Sesaat sebelum jeda, Barca pada prosesnya berhasil menyamakan kedudukan melalui Neymar.

Di awal babak kedua, tim besutan Luis Enrique kembali tertinggal usai dijebol Luciano Vietto. Namun dua menit kemudian Rafinha membuat kedudukan kembali seimbang. Tak selang lama, Lionel Messi membawa Barca membalikkan kedudukan sekaligus memastikan poin penuh.

Dengan kemenangan ini, Barca menjaga jarak dengan Real Madrid di puncak klasemen sementara tetap satu angka. Anak-anak Catalan mengoleksi nilai 50 dari 21 pekan, namun Madrid masih punya satu laga belum dimainkan. Sementara Villarreal sendiri tertahan di tangga keenam dengan 38 angka.

Jalannya Pertandingan

Barca seperti biasanya mendominasi penguasaan bola sejak awal laga. Peluang pertama didapatkan di menit ke-8. Umpan terobosan Andres Iniesta diteruskan oleh Luis Suarez, tapi mash melebar ke kiri gawang.

Empat menit berselang, Suarez kembali dapat kans.Umpan pendek Dani Alves dari sisi kanan langsung disambar dengan tendangan terarah ke pojok kiri. Kiper Villarreal, Sergio Asenjo, menunjukkan refleks cemerlang dan terbang menepis bola.

Suarez lagi-lagi membuang sebuah peluang di menit ke-21. Mendapatkan bola dalam posisi cukup bebas di tengah kotak penalti, sepakannya masih tipis saja di kanan gawang Asenjo.

Lebih dominan dan beberapa kali mengancam, Barca justru kebobolan di menit ke-30. Mulanya Javier Mascherano coba menyapu umpan silang yang datang dari sisi kiri pertahanan Barca, tapi bola malah mengarah ke Mario Gaspar.

Mario kemudian coba mengarahkan tembakan mendatar ke gawang, tapi tampak melenceng. Beruntung baginya ada Denis Cheryshev berdiri di jalur bola dan membelokkan arah ke gawang dengan satu sentuhan. Villarreal memimpin.

Dani Alves melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-34. Tapi melambung.

Upaya Barca berikutnya datang dari Iniesta meneruskan umpan Suarez. Kali ini melenceng ke kiri.

Sebuah serangan cepat dari Villarreal berujung pada sundulan Luciano Vietto. Claudio Bravo sigap membaca arah bola dan menangkapnya.

Menit terakhir babak pertama, Barca sukses mengembalikan kedudukan jadi seimbang lagi. Umpan terobosan Messi disambut sepakan Rafinha di dalam kotak penalti. Asenjo masih mampu menepis. Tapi bola muntah mengarah ke Neymar dan dengan mudah diceploskan ke gawang. Babak pertama usai.

Enam menit babak kedua berjalan, Barca kecolongan lewat serangan balik. Kesalahan Gerard Pique mengantisipasi umpan panjang dari lini belakang Villarreal membuat bola berhasil dicuri Giovani dos Santos.

Giovani kemudian menusuk ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan ke Luciano Vietto yang datang dari lini kedua. Vietto menyambar bola ke dalam gawang.

Tapi keunggulan Villarreal tak bertahan lama. Dua menit berselang, Rafinha membawa Barca menyamakan kedudukan. Dari sisi kiri, Suarez melepaskan umpan lambung yang disambut sundulan Messi, tapi masih mampu diblok. Bola pantul inilah yang kemudian disambar Rafinha jadi gol.

Tiga menit kemudian, Barca berbalik unggul. Dari sisi kiri, Iniesta menyodorkan bola ke Suarez. Suarez lantas meneruskannya ke Messi, yang mengakhiri skema dengan sepakan keras ke dalam gawang.

Sebuah serangan balik cepat diperagakan Barca di menit ke-61. Messi membawa bola sendiri di sisi kanan dari tengah lapangan sampai memasuki area pertahanan Villarreal. Dia kemudian mengumpan ke Neymar. Hanya saja tendangan Neymar melambung.

Tiga menit kemudian, Villarreal balas mengancam lewat bola mati. Victor Ruiz sukses menanduk bola ke dalam gawang, tapi sebelumnya Tomas Pina yang memberikan umpan lewat sundulan lebih dahulu offside. Wasit menganulir gol ini.

Sebuah serangan balik Barca berujung hampir saja berbuah gol di menit ke-64. Menerima umpan Messi, Neymar merangsek ke dalam kotak penalti dan menyontek bola melewati kiper sebelum kemudian terjatuh. Bola sempat mengarah ke gawang, tapi disapu oleh bek Villarreal.

Tapi bola berhasil dikuasai pemain Barca lagi. Dani Alves pada prosesnya mengirimkan umpan silang ke muka gawang, tapi bola sempat dibelokkan sebelum disambut Suarez. Penyerang Uruguay itu pun gagal memaksimalkannya jadi gol.

Villarreal melakukan tekanan di menit ke-78. Umpan silang Jaume Costa disambut sundulan Cheryshev. Namun masih melebar ke kanan gawang.

Upaya berikutnya diciptakan Villarreal lewat bola mati di menit ke-82. Umpan Jonathan dos Santos ditanduk Vietto. Kali ini melambung. Di sisa waktu, tak ada lagi gol tambahan.

Postingan populer dari blog ini

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Barcelona Berimbang dengan Madrid 2-2

Barcelona - Duel El Clasico jilid kedua berakhir tanpa pemenang. Bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua, Barcelona akhirnya imbang dengan Real Madrid 2-2.

Bertanding di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dinihari WIB, Barca membuka keunggulan lewat gol Luis Suarez sebelum disamakan Madrid melalui Cristiano Ronaldo. Setelah turun minum, Lionel Messi membawa tim tuan rumah kembali memimpin tapi Gareth Bale memaksakan hasil imbang.

Barca tidak tampak kewalahan meski bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua. Menyusul diusirnya Sergi Roberto setelah menerima kartu merah di penghujung babak pertama.

Dengan hasil ini, Barca masih menjaga peluang tidak terkalahkan sampai akhir musim. Dalam 35 pertandingannya, Barca mendulang 26 kemenangan dan sembilan laga seri sehingga mengoleksi 87 poin.

Madrid berada di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 72 poin, tertinggal 15 poin dari rival abadinya itu.

Jalannya Pertandingan

Ancaman Barcelona hadir saat pertandingan belum genap…