Langsung ke konten utama

Suarez Hat-trick, Barca Pesta Delapan Gol ke Gawang Cordoba

Medan - Barcelona pesta besar-besaran di markas Cordoba. Tak tanggung-tanggung, delapan gol digelontor Blaugrana dengan Luis Suarez mencetak tiga di antaranya.

Bertandang ke Estadio Nuevo Arcángel, Sabtu (2/5/2015) malam WIB, Barca awalnya sempat dibuat kesulitan oleh pressing ketat yang dilakukan Cordoba. Namun perlahan mereka mulai menemukan celah hingga memecah kebuntuan di menit ke-42 lewat Ivan Rakitic.

Hanya berselang menit, tepatnya di masa injury time babak pertama, mereka menggandakan keunggulan lewat Luis Suarez. Lionel Messi lantas menandai awal mulus Barca di babak kedua dengan golnya, tak sampai semenit setelah peluit kick-off berbunyi.

Suarez mencetak gol kedua di menit ke-53, diikuti gol-gol lain dari Gerard Pique di menit ke-65, gol kedua Messi pada menit ke-80, dan Neymar yang dicetak dari titik penalti di menit ke-85. Suarez lantas menutup pesta malam itu dengan gol ketiganya di menit ke-88.

Dengan kemenangan ini, Barca masih kukuh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan nilai 87 dari 35 pekan. Mereka kembali menjauh dari Real Madrid di posisi dua yang sementara berjarak lima angka. Madrid sendiri baru akan memainkan laga ke-35 melawan Sevilla, Minggu (3/5/2015) dinihari WIB nanti.

Jalannya Pertandingan

Baru tiga menit berjalan, Barca langsung mendapatkan kesempatan apik. Suarez mengarahkan bola ke Dani Alves di sisi kanan. Alves lantas mengirim umpan silang ke tiang jauh dan disambut sepakan first time Neymar. Masih tipis di atas mistar gawang.

Cordoba memberikan respons tiga menit berselang. Lewat sebuah serangan cepat di sisi kiri, Edimar mengirimkan umpan silang ke Florin Andone di dalam kotak penalti. Bola disundul, namun melayang di atas gawang. Wasit belakangan meniup peluit tanda offside.

Barca kembali mencoba menekan dari sisi kanan pada menit ke-12. Umpan silang Ivan Rakitic disambut sepakan Lionel Messi, tapi hanya menghasilkan sepak pojok karena bola berbelok arah usai membentur bek.

Barca berupaya menyerang, tapi dibuat kesulitan dengan pressing ketat Cordoba. Di menit ke-22 tembakan Messi masih terhalang. Semenit berselang giliran upaya dari Alves yang masih melambung.

Tak lama kemudian Cordoba sempat memberikan ancaman lewat tandukan Bebe menyambut umpan silang Jose Angel. Tak menemui sasaran karena di atas mistar gawang.

Di menit ke-27, Messi mendapatkan umpan dari Javier Mascherano di depan kotak penalti Cordoba. Dia lantas berakselerasi, melewati tiga pemain, dan melepaskan sepakan mendatar. Cuma tepat ke arah kiper.

10 menit kemudian Barca nyaris memetik keunggulan. Messi mengirimkan umpan terobosan lambung ke Neymar di dalam kotak penalti. Penyerang internasional Brasil itu lantas mengarahkan bola ke pojok kanan gawang, tapi cuma menghantam tiang.

Selang semenit, gantian Andres Iniesta yang mengancam Cordoba. Tendangannya dari luar kotak penalti diamankan kiper Cordoba, Juan Carlos.

Barca memecah kebuntuan di menit ke-42. Umpan lambung Messi ke belakang garis pertahanan diterima Rakitic, lalu diteruskan dengan sepakan keras ke dalam gawang.

Keunggulan Barca bertambah di masa injury time babak pertama. Umpan silang Iniesta disontek Luis Suarez dari jarak dekat dan menaklukan Carlos.

Baru semenit babak kedua berjalan, Barca menjauhkan keunggulan. Umpan silang Alves disambar sundulan Messi yang tak terkawal di tengah kotak penalti. Carlos tak sempat bereaksi.

Di menit ke-53, Suarez mencetak gol keduanya di laga ini. Kembali dari sisi kanan, Alves melepaskan umpan lambung ke depan gawang Cordoba. Suarez berhasil menyambut bola dengan kepalanya, bola sempat memantul ke tanah sebelum bersarang di pojok kiri gawang.

Cordoba memberikan upaya balasan di menit ke-60. Namun sepakan Patrick Ekeng masih mampu dihalau Claudio Bravo. Tak berjarak lama, Neymar nyaris menambah gol Barca. Tendangannya meneruskan umpan Suarez hanya melebar tipis ke kiri.

Tiga menit kemudian Neymar kembali menebar ancaman. Namun percobaannya dari luar kotak penalti mampu digagalkan kiper.

Gol kelima pada akhirnya tercipta atas nama Gerard Pique. Dari sepak pojok Rakitic, bola disambut sundulan Pique ke dalam gawang.

Messi dan Suarez berturut-turut memberikan tekanan berbahaya ke gawang Cordoba. Di menit ke-68 upaya Messi dari luar kotak penalti cuma berakhir tipis di sisi kiri gawang, sedang percobaan Suarez dua menit berselang melenceng ke kanan.

Sebuah umpan silang Pedro Rodriguez dari kanan di menit ke-78 nyaris berakhir sebagai gol. Hanya saja sundulan Messi gagal menemui sasaran karena sedikit ke kiri gawang.

Di menit ke-80, Messi mencetak gol keduanya di partai ini. Dia menyambar bola liar hasil kemelut buah tusukan Pedro dari jarak dekat.

Lima menit kemudian, wasit menghadiahkan penalti untuk Barca. Neymar yang menerima umpan terobosan di sisi kiri di dalam kotak penalti dilanggar Adrian Gunino. Neymar maju sendiri sebagai eksekutor dan sukses mengecoh Carlos dengan sepakan ke arah kanan.

Dua menit jelang waktu normal habis, Suarez mencetak gol ketiganya. Bola sepakan Xavi Hernandez sempat membentur bek Cordoba dan mengarah ke Suarez yang berdiri bebas di depan gawang. Penyerang Uruguay itu tanpa kesulitan menceploskannya ke dalam gawang.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Comeback Dramatis, Barcelona Imbangi Sevilla 2-2

Sevilla - Barcelona berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Sevilla. Sempat tertinggal 0-2, Blaugrana comeback dengan memaksa laga berakhir dengan skor 2-2.
Lini pertahanan Barca sangat buruk saat bertandang ke Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB. Situasi itu membuat mereka tertinggal 0-2 lewat gol Franco Vazquez di menit ke-36 dan Luis Muriel di menit ke-50.
Namun, Barca tak cepat menyerah dalam laga ini. Mereka terus semakin meningkatkan intensitas serangan selama sisa waktu pertandingan.
Hasilnya pun tak mengecewakan untuk klub asal Catalunya itu. Gol Suarez di menit ke-88 dan Lionel Messi di menit ke-89 membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.
Tambahan satu poin tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen. Blaugrana memimpin dengan 76 poin dari 30 laga. Namun, jarak mereka dengan Atletico Madrid di posisi kedua bisa terkikis.
Jika Atletico bisa menang saat menjamu Deportivo La Coruna pada Senin (2/4/2018) dinihari WIB, jarak 12 poin akan menjadi …