Langsung ke konten utama

Atletico ke Semifinal Usai Kalahkan Barcelona 2-0

Madrid - Atletico Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions usai menang 2-0 atas Barcelona di laga perempatfinal leg II. Hasil itu membuat mereka menang agregat 3-2.

Menjamu Barca di Vicente Calderon, Kamis (14/4/2016) dinihari WIB, Atletico membawa bekal satu gol tandang kala takluk 1-2 pada leg pertama di Camp Nou lalu. Kemenangan 1-0 di pertandingan malam ini akan cukup untuk meloloskan Los Colchoneros.

Sejak awal Atletico tampil gencar menekan Barca dan bermain dengan tempo tinggi, mengandalkan serangan-serangan cepat. Di lain sisi, Barca kesulitan menembus pertahanan rapat dan disiplin tuan rumah.

Situasi makin menguntungkan Atletico ketika Griezmann mencetak gol di menit ke-36. Gol itu membuat mereka unggul gol tandang dengan skor agregat sama kuat 2-2.

Sejak saat itu Barca mencoba meningkatkan tekanan, tapi Atletico mampu mengontrol permainan dengan menumpuk pemain di kotak penalti. Barca terus kesulitan menciptakan peluang bersih.

Atletico akhirnya bisa mengamankan tiket semifinal saat wasit memberikan penalti di menit ke-88, menyusul handball Andres Iniesta. Griezmann menyelesaikan tugasnya dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah.

Skor 2-0 tak berubah sampai laga usai, yang artinya Atletico melaju ke semifinal dengan agregat 3-2. Sementara Barca harus memendam hasrat mempertahankan gelar juara.

Jalannya Pertandingan

Atletico memulai laga langsung berupaya menekan Barca dengan gencar. Sebaliknya Barca seperti biasa berusaha mengontrol lewat penguasaan bola dan meredam tempo permainan.

Tiga menit berjalan, Atletico menciptakan sebuah kesempatan. Membangun serangan di sisi kanan, bola umpan silang Juanfran disapu pertahanan Barca dan jatuh di kaki Gabi Fernandez di depan kotak penalti. Gabi coba melepaskan sepakan tapi hasilnya masih melambung tipis.

Hanya semenit berselang, ancaman lain diterima Barca. Kali ini Atletico menekan lewat kiri, Koke mengoper ke Yannick Ferreira-Carrasco dan diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Upayanya masih tepat mengarah ke Marc-Andre Ter Stegen.

Barca terus direpotkan dengan serangan-serangan cepat Atletico. Di menit ke-7, giliran Antoine Griezmann yang mendapatkan kesempatan meneruskan umpan Filipe Luis. Hanya saja percobaannya masih bisa diamankan oleh Ter Stegen.

Tingginya tempo yang diterapkan Atletico coba diredam oleh Barca. Mereka memain-mainkan bola lebih dahulu dan tak buru-buru masuk ke sepertiga akhir. Meski demikian, Atletico tampil disiplin menutup ruang.

Memasuki menit ke-28, Atletico mengklaim penalti karena menilai Gerard Pique menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Tapi wasit bergeming.

Lima menit berselang, Barca punya kesempatan lewat bola mati tak jauh dari kotak penalti. Lionel Messi maju sebagai eksekutor dan melepaskan tembakan langsung, tapi masih melambung.

Atletico memetik keunggulan di menit ke-36. Membangun serangan dari sisi kanan, Saul Niguez mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola disambut sundulan Griezmann, yang berlari ke ruang kosong di antara Pique dan Dani Alves.

Barca merespons di menit ke-42 melalui sepakan Neymar dari luar kotak penalti. Tapi Jan Oblak masih bisa mengamankannya.

Atletico kembali memberikan ancaman semenit jelang jeda. Melalui serangan balik, Carrasco merangsek sendirian dan sempat mengarahkan tembakan di tengah kepungan pemain Barca. Bola hasil tendangannya bisa dihalau dengan cukup mudah oleh Ter Stegen. Babak pertama usai tak lama kemudian.

Tiga menit babak kedua berjalan, Alves melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Melambung.

Atletico nyaris menggandakan skor di menit ke-53. Berawal dari sepak pojok, bola sapuan Barca ditanduk kembali ke dalam kotak penalti oleh Augusto Fernandez dan diteruskan ke arah gawang oleh Saul. Bola melambung melewati Ter Stegen ke arah pojok kiri, tapi mistar gawang menyelamatkan Barca.

Saat Atletico bisa menciptakan ancaman-ancaman serius sejauh ini, Barca di lain sisi masih kesulitan menciptakan peluang bersih. Keunggulan yang dimiliki Atletico juga membuat tuan rumah bertahan dengan rapat dan dalam, menyulitkan Barca masuk ke dalam kotak penalti.

Melalui serangan balik di menit ke-61, Atletico menebar bahaya lagi untuk Barca. Griezman yang mendapatkan bola sodoran Saul di sisi kanan beradu lari dengan dua pemain belakang Barca, sebelum kemudian melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Upayanya bisa ditahan dengan mudah oleh Ter Stegen.

Barca terus berusaha menembus pertahanan Atletico. Tapi berkali-kali usaha mereka bisa dihalau para pemain Atletico yang menumpuk di dalam kotak penalti.

Di menit ke-66, Iniesta melakukan tusukan di sisi kiri, melewati sejumlah pemain Atletico, dan mengakhiri aksinya itu dengan sepakan kaki kanan. Bola masih mengarah tepat ke Oblak.

Barca mendapatkan peluang lainnya tiga menit berselang. Suarez menerima umpan di dalam kotak penalti dan berhasil membuka ruang tembak, tapi penyelesaian akhirnya masih tepat ke arah Oblak.

Atletico terus menumpuk pemain di area pertahanan sendiri. Barca mendapatkan peluang di menit ke-84. Messi mengoper ke tengah kotak penalti, bola sempat dibelokkan Neymar, sebelum akhirnya bola disepak Suarez. Hanya saja Suarez gagal menendang dengan sempurna dan mudah diamankan Oblak.

Petaka untuk Barca tiba di menit ke-88. Iniesta melakukan handball di dalam kotak penalti dalam sebuah situasi serangan balik Atletico. Meski Iniesta cuma dihukum kartu kuning, penalti diberikan untuk Atletico dan Griezmann sukses menyelesaikan tugasnya.

Di masa injury time, Barca mengklaim penalti atas handball Gabi. Tapi wasit menilai pelanggaran terjadi sedikit di luar kotak penalti sehingga hanya berhak tendangan bebas. Messi melepaskan tembakan langsung, yang cuma melesat ke atas gawang. Skor tak berubah sampai pertandingan selesai.

Postingan populer dari blog ini

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Main Tanpa Penonton, Barcelona Gasak Las Palmas 3-0

Barcelona - Barcelona bermain tanpa dukungan suporternya ketika menjamu Las Palmas. Namun, kondisi itu tak menghalangi mereka untuk menang telak dengan skor 3-0.

Tribune Camp Nou terlihat kosong melompong saat Barca menghadapi Las Palmas, Minggu (1/10/2017). Pertandingan tersebut digelar tanpa penonton terkait digelarnya referendum Catalunya pada hari ini.
Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca mampu menjebol gawang tim tamu sebanyak tiga kali pada paruh kedua. Sergio Busquets membuka keunggulan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-49 sebelum Lionel Messi mencetak dua gol tambahan pada menit ke-70 dan 77.
Kemenangan ini melanjutkan start sempurna Barca di La Liga musim ini. Mereka belum pernah kehilangan angka dalam tujuh pertandingan dan memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul lima poin atas Sevilla yang duduk di posisi kedua. Adapun Las Palmas terpuruk di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona berpeluang memimpin pada menit kelima melalui t…

Comeback Dramatis, Barcelona Imbangi Sevilla 2-2

Sevilla - Barcelona berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Sevilla. Sempat tertinggal 0-2, Blaugrana comeback dengan memaksa laga berakhir dengan skor 2-2.
Lini pertahanan Barca sangat buruk saat bertandang ke Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB. Situasi itu membuat mereka tertinggal 0-2 lewat gol Franco Vazquez di menit ke-36 dan Luis Muriel di menit ke-50.
Namun, Barca tak cepat menyerah dalam laga ini. Mereka terus semakin meningkatkan intensitas serangan selama sisa waktu pertandingan.
Hasilnya pun tak mengecewakan untuk klub asal Catalunya itu. Gol Suarez di menit ke-88 dan Lionel Messi di menit ke-89 membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.
Tambahan satu poin tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen. Blaugrana memimpin dengan 76 poin dari 30 laga. Namun, jarak mereka dengan Atletico Madrid di posisi kedua bisa terkikis.
Jika Atletico bisa menang saat menjamu Deportivo La Coruna pada Senin (2/4/2018) dinihari WIB, jarak 12 poin akan menjadi …