Langsung ke konten utama

Atletico ke Semifinal Usai Kalahkan Barcelona 2-0

Madrid - Atletico Madrid melangkah ke semifinal Liga Champions usai menang 2-0 atas Barcelona di laga perempatfinal leg II. Hasil itu membuat mereka menang agregat 3-2.

Menjamu Barca di Vicente Calderon, Kamis (14/4/2016) dinihari WIB, Atletico membawa bekal satu gol tandang kala takluk 1-2 pada leg pertama di Camp Nou lalu. Kemenangan 1-0 di pertandingan malam ini akan cukup untuk meloloskan Los Colchoneros.

Sejak awal Atletico tampil gencar menekan Barca dan bermain dengan tempo tinggi, mengandalkan serangan-serangan cepat. Di lain sisi, Barca kesulitan menembus pertahanan rapat dan disiplin tuan rumah.

Situasi makin menguntungkan Atletico ketika Griezmann mencetak gol di menit ke-36. Gol itu membuat mereka unggul gol tandang dengan skor agregat sama kuat 2-2.

Sejak saat itu Barca mencoba meningkatkan tekanan, tapi Atletico mampu mengontrol permainan dengan menumpuk pemain di kotak penalti. Barca terus kesulitan menciptakan peluang bersih.

Atletico akhirnya bisa mengamankan tiket semifinal saat wasit memberikan penalti di menit ke-88, menyusul handball Andres Iniesta. Griezmann menyelesaikan tugasnya dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah.

Skor 2-0 tak berubah sampai laga usai, yang artinya Atletico melaju ke semifinal dengan agregat 3-2. Sementara Barca harus memendam hasrat mempertahankan gelar juara.

Jalannya Pertandingan

Atletico memulai laga langsung berupaya menekan Barca dengan gencar. Sebaliknya Barca seperti biasa berusaha mengontrol lewat penguasaan bola dan meredam tempo permainan.

Tiga menit berjalan, Atletico menciptakan sebuah kesempatan. Membangun serangan di sisi kanan, bola umpan silang Juanfran disapu pertahanan Barca dan jatuh di kaki Gabi Fernandez di depan kotak penalti. Gabi coba melepaskan sepakan tapi hasilnya masih melambung tipis.

Hanya semenit berselang, ancaman lain diterima Barca. Kali ini Atletico menekan lewat kiri, Koke mengoper ke Yannick Ferreira-Carrasco dan diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Upayanya masih tepat mengarah ke Marc-Andre Ter Stegen.

Barca terus direpotkan dengan serangan-serangan cepat Atletico. Di menit ke-7, giliran Antoine Griezmann yang mendapatkan kesempatan meneruskan umpan Filipe Luis. Hanya saja percobaannya masih bisa diamankan oleh Ter Stegen.

Tingginya tempo yang diterapkan Atletico coba diredam oleh Barca. Mereka memain-mainkan bola lebih dahulu dan tak buru-buru masuk ke sepertiga akhir. Meski demikian, Atletico tampil disiplin menutup ruang.

Memasuki menit ke-28, Atletico mengklaim penalti karena menilai Gerard Pique menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Tapi wasit bergeming.

Lima menit berselang, Barca punya kesempatan lewat bola mati tak jauh dari kotak penalti. Lionel Messi maju sebagai eksekutor dan melepaskan tembakan langsung, tapi masih melambung.

Atletico memetik keunggulan di menit ke-36. Membangun serangan dari sisi kanan, Saul Niguez mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola disambut sundulan Griezmann, yang berlari ke ruang kosong di antara Pique dan Dani Alves.

Barca merespons di menit ke-42 melalui sepakan Neymar dari luar kotak penalti. Tapi Jan Oblak masih bisa mengamankannya.

Atletico kembali memberikan ancaman semenit jelang jeda. Melalui serangan balik, Carrasco merangsek sendirian dan sempat mengarahkan tembakan di tengah kepungan pemain Barca. Bola hasil tendangannya bisa dihalau dengan cukup mudah oleh Ter Stegen. Babak pertama usai tak lama kemudian.

Tiga menit babak kedua berjalan, Alves melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Melambung.

Atletico nyaris menggandakan skor di menit ke-53. Berawal dari sepak pojok, bola sapuan Barca ditanduk kembali ke dalam kotak penalti oleh Augusto Fernandez dan diteruskan ke arah gawang oleh Saul. Bola melambung melewati Ter Stegen ke arah pojok kiri, tapi mistar gawang menyelamatkan Barca.

Saat Atletico bisa menciptakan ancaman-ancaman serius sejauh ini, Barca di lain sisi masih kesulitan menciptakan peluang bersih. Keunggulan yang dimiliki Atletico juga membuat tuan rumah bertahan dengan rapat dan dalam, menyulitkan Barca masuk ke dalam kotak penalti.

Melalui serangan balik di menit ke-61, Atletico menebar bahaya lagi untuk Barca. Griezman yang mendapatkan bola sodoran Saul di sisi kanan beradu lari dengan dua pemain belakang Barca, sebelum kemudian melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Upayanya bisa ditahan dengan mudah oleh Ter Stegen.

Barca terus berusaha menembus pertahanan Atletico. Tapi berkali-kali usaha mereka bisa dihalau para pemain Atletico yang menumpuk di dalam kotak penalti.

Di menit ke-66, Iniesta melakukan tusukan di sisi kiri, melewati sejumlah pemain Atletico, dan mengakhiri aksinya itu dengan sepakan kaki kanan. Bola masih mengarah tepat ke Oblak.

Barca mendapatkan peluang lainnya tiga menit berselang. Suarez menerima umpan di dalam kotak penalti dan berhasil membuka ruang tembak, tapi penyelesaian akhirnya masih tepat ke arah Oblak.

Atletico terus menumpuk pemain di area pertahanan sendiri. Barca mendapatkan peluang di menit ke-84. Messi mengoper ke tengah kotak penalti, bola sempat dibelokkan Neymar, sebelum akhirnya bola disepak Suarez. Hanya saja Suarez gagal menendang dengan sempurna dan mudah diamankan Oblak.

Petaka untuk Barca tiba di menit ke-88. Iniesta melakukan handball di dalam kotak penalti dalam sebuah situasi serangan balik Atletico. Meski Iniesta cuma dihukum kartu kuning, penalti diberikan untuk Atletico dan Griezmann sukses menyelesaikan tugasnya.

Di masa injury time, Barca mengklaim penalti atas handball Gabi. Tapi wasit menilai pelanggaran terjadi sedikit di luar kotak penalti sehingga hanya berhak tendangan bebas. Messi melepaskan tembakan langsung, yang cuma melesat ke atas gawang. Skor tak berubah sampai pertandingan selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitting Finale and Beaming Winners

THE DAY REPLAYED – The last day of the FIFA U-17 World Cup UAE 2013 served up a fitting final treat for the fans. All well as high-scoring matches, fantastic goals and an outpouring of emotion, there was a healthy dose of excitement and drama, and the usual stirring images of beaming winners and inconsolable losers at the end.  A memorable day opened with the match for third place between Sweden and Argentina . And after 90 absorbing minutes, it was the Scandinavians who were left celebrating. The Swedes crowned their maiden appearance at the U-17 World Cup by building on a string of increasingly convincing performances in the UAE, deservedly winning a fast-paced and high-scoring match against their South American opponents. The Europeans were again indebted to striker Valmir Berisha as the deadly marksman almost single-handedly sealed his side’s podium finish. The player will go home with a bronze medal and the top scorer's award too. The final wa

Gol Ramos di Menit ke-90 Buyarkan Kemenangan Barca

Foto: REUTERS/Albert Gea Barcelona - Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir. Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini. Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit. Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya. Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34

Dua Gol Suarez Bantu Barca Gulung Leganes 3-0

Barcelona  - Barcelona berhasil memetik tiga poin di kandang Leganes berkat kemenangan 3-0. Luis Suarez menyumbang dua gol, yang ditutup dengan satu gol Paulinho. Bermain di Stadion Butarque, Sabtu (18/11/2017) malam WIB, Barcelona berhasil mendominasi permainan atas Leganes. Namun, mereka kerap kesulitan menembus kotak penalti lawan yang bermain bertahan. Usaha Barca untuk mencuri gol baru tercipta di menit ke-28 lewat kaki Suarez. Gol itu membuat El Barca unggul 1-0 hingga jeda. Di babak kedua Barca semakin percaya diri dalam menggempur pertahanan Leganes. Suarez kembali melesakkan gol kedua di menit ke-60. Sementara itu, Paulinho yang masuk di babak kedua menggantikan Andres Iniesta berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-90. Dengan kemenangan 3-0 ini Barca semakin mantap di puncak klasemen La Liga dengan poin 34 dari 12 laga. Sementara itu, Leganes tersendat di posisi kesembilan dengan poin 17. Jalannya Pertandingan Percobaan pertama didapat pada menit ketujuh. Suarez, y