Langsung ke konten utama

Suarez Empat Gol, Barcelona Gasak Gijon dan Kembali ke Puncak Klasemen

Barcelona - Barcelona meraih kemenangan gemilang 6-0 dari Sporting Gijon dan kembali memuncaki klasemen. Luis Suarez jadi bintang dengan empat gol yang kembali dia buat.

Barcelona menjamu Sporting Gijon di Camp Nou, Minggu (24/4/2016) dinihari WIB dalam tekanan Atletico dan Real Madrid yang lebih dulu bermain dan berhasil memetik kemenangan. Sebelum kick-off dengan Gijon, Barca tergusur dari puncak klasemen ke posisi tiga.

Lionel Messi dkk menjawab tantangan itu dengan kemenangan meyakinkan 6-0. Suarez membuat empat gol dalam laga ini, yang merupakan ulangan dari penampilan dia saat menghadapi Celta Vigo di tengah pekan lalu. Sementara dua gol lainnya datang dari Messi dan Neymar. Dari enam gol yang dibuat Barca, separuhnya tercipta melalui titik penalti.

Poin penuh yang didapat Barca megantar mereka kembali menjejak puncak klasemen. Barca mengoleksi 81 poin, sama dengan yang dipunya Atletico dan unggul satu angka di atas Los Merengues.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan tiga menit saat Barcelona menciptakan peluang pertamanya melalui Messi. Tandukan Messi menyongsong umpan yang dilepaskan Sergi Roberto melayang terlalu tinggi.

Tim tamu banyak menunggu di wilayah permainannya sendiri pada awal babak pertama ini. Namun begitu mereka juga bisa menciptakan sebuah peluang emas pada menit 11. Menusuk dari sisi kanan, Guerrero berhasil mengirim umpan ke kotak penalti melewati Gerrad Pique. Bola jatuh tepat ke kaki Mendez yang berdiri tanpa kawalan. Tinggal berhadapan dengan Bravo, sepakan Mendez terlalu lemah sehingga bisa dengan mudah diblok Claudio Bravo.

Gol Messi!! Barcelona membuka keunggulan melalui tandukan Messi dari dalam kotak penalti ke gawang yang sudah kosong karena sang kiper sudah keluar dari sarangnya. Gol tersebut terjadi di menit 12.

Pemain-pemain Gijon memprotes gol tersebut karena menganggap telah terjadi pelanggaran yang dilakukan Suarez pada kiper mereka. Dari momen itulah bola mental dan bisa disundul Messi ke gawang yang sudah kosong. Namun wasit bergeming pada putusannya, gol dinyatakan sah.

Peluang matang untuk Barcelona selanjutnya datang menjelang laga tuntas, tepatnya pada menit 44 melalui aksi Neymar. Mendapat umpan dari Messi, sepakan Neymar mentah di tangan kiper Cuellar.

Di periode injury time tim tamu punya dua peluang beruntun, yang secara beruntun pula dihalau bek Barca di muka gawang. Penyelamatan pertama dilakukan Javier Mascherano saat dia menyepak bola yang memantul mengarah ke dalam gawang, tak lama berselang Gerard Pique yang menghindarkan bola masuk tepat di gawang. Penyelamatan yang dilakukan Pique sempat diprotes pemain Gijon karena bek tengah itu seperti terlihat menghalau bola dengan lengannya.

Babak pertama tuntas 1-0 untuk Barca.

Di awal babak kedua dominasi Barca tidak berkurang. Salah satu peluang terbaiknya adalah saat Messi menusuk melalui tengah lapangan dengan melewati tiga pemain lawan. Akselerasi tersebut kemudian dia tuntaskan dengan melepas tendangan melengkung, yang arahnya tidak tepat sasaran dan cuma menghasilkan tendangan gawang.

Neymar kembali membuang peluang matang yang dia punya pada menit 62. Menerima sodoran bola saat masuk ke dalam kotak penalti dari sisi kiri, penyerang asal Brasil itu terlalu lama menggiring bola saat tinggal berhadapan dengan kiper Cuellar. Sepakan Neymar dari jarak dekat gagal menjadi gol kedua Barca.

Barcelona baru menggandakan keunggulannya pada menit 63. Messi memulai rangkaian gol ini saat dia mengirim umpan pada Andres Iniesta. Gelandang asal Spanyol itu lantas melepaskan umpan tarik pada Suarez yang datang di arah tiang jauh. Tembakan keras Suarez mengubah skor jadi 2-0.

Selanjutnya berturut-turut gol diciptakan Barcelona. Pada menit 74 wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Gijon setelah Canella menyentuh bola dengan tangannya. Suarez yang maju sebagai eksekutor menuntaskan tugasnya tanpa cela. 3-0 untuk Barcelona.

Tiga menit berselang Barcelona mendapatkan penalti keduanya. Kali ini Sanabria yang dianggap telah melakukan pelanggaran karena menarik bahu Neymar. Suarez yang kembali jadi eksekutor lagi-lagi menjebol gawang Gijon. Dia melengkapi hat-tricknya dan membuat Barca kini unggul 4-0.

Penalti ketiga Barca datang di menit 85, sekitar dua menit setelah Gijon bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua yang diterima Ognjen Vranjes. Adalah pelanggaran yang dilakukan Alen Halilovic yang membuat Gijon dihukum kartu kuning ketiga. Neymar kali ini melakukan eksekusi penalti. Meski tendangan Neymar lemah dan mengarah ke tengah, kiper Gijon tidak mampu memghalaunya. Skor kini jadi 5-0.

Gol pamungkas Barcelona, yang mengubah kedudukan jadi 6-0, datang saat waktu normal tersisa dua menit. Sontekan Neymar di tiang jauh memastikan Barca meraih kemenangan setengah lusin gol tanpa balas.

Postingan populer dari blog ini

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Barcelona Berimbang dengan Madrid 2-2

Barcelona - Duel El Clasico jilid kedua berakhir tanpa pemenang. Bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua, Barcelona akhirnya imbang dengan Real Madrid 2-2.

Bertanding di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dinihari WIB, Barca membuka keunggulan lewat gol Luis Suarez sebelum disamakan Madrid melalui Cristiano Ronaldo. Setelah turun minum, Lionel Messi membawa tim tuan rumah kembali memimpin tapi Gareth Bale memaksakan hasil imbang.

Barca tidak tampak kewalahan meski bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua. Menyusul diusirnya Sergi Roberto setelah menerima kartu merah di penghujung babak pertama.

Dengan hasil ini, Barca masih menjaga peluang tidak terkalahkan sampai akhir musim. Dalam 35 pertandingannya, Barca mendulang 26 kemenangan dan sembilan laga seri sehingga mengoleksi 87 poin.

Madrid berada di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 72 poin, tertinggal 15 poin dari rival abadinya itu.

Jalannya Pertandingan

Ancaman Barcelona hadir saat pertandingan belum genap…