Langsung ke konten utama

Gilas Espanyol 5-0, Barca Menuju Pekan Terakhir di Puncak Klasemen

Barcelona - Barcelona akan memasuki pekan pamungkas La Liga Primera dengan berada di puncak klasemen. The Catalans bertahan di posisi teratas setelah menggilas Espanyol 5-0.

Bermain di Camp Nou, Minggu (8/5/2016) malam WIB, Barcelona wajib menang demi menghindari kejaran Atletico Madrid dan Real Madrid yang membayangi dengan ketat di posisi dua dan tiga. Tampil dominan, The Catalans pada akhirnya meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 5-0.

Lionel Messi membuka pesta Barcelona dengan gol tendangan bebas cantiknya di menit delapan. Luis Suarez kemudian menambahkan dua gol masing-masing di menit 52 dan 61. Dua gol terakhir tuan rumah dibuat Rafinha dan Neymar.

Kemenangan ini memastikan Barcelona bertahan di puncak klasemen saat Liga Spanyol masuk pekan pamungkas, Minggu (15/5/2016) pekan depan. Barcelona harus menang saat melawat ke Granada, yang saat ini berada di posisi 16 klasemen, untuk mempertahankan gelar juaranya.

Pesaing Barcelona dalam perebutan gelar juara kini tinggal Real Madrid, yang pada laga lain di Santiago Berabeu menang 3-2 saat menjamu Valencia. Sementara itu, Atletico Madrid dipastikan tersingkir dari persaingan lantaran kalah 1-2 saat mengunjungi Levante.

Jalannya Pertandingan

Tekanan pertama Barcelona datang di menit kedua saat Neymar menusuk dari sisi kiri dan melakukan cut in menuju kotak penalti. Upaya penyerang asal Brasil itu gagal karena lajunya dihentikan bek lawan, yang membuat bola melayang ke udara dan jatuh ke kaki Suarez. Upaya Suarez menembus kotak penalti Espanyol juga tak membuahkan hasil.

Agresivitas Barcelona sejak menit awal berbuah gol saat pertandingan baru berusia delapan menit. Semua berawal dari aksi individu Lionel Messi di muka kotak penalti, yang membuatnya dijatuhkan bek lawan. Dari tendangan bebas yang didapat, sepakan melengkung yang dilepaskan Messi bersarang di gawang. Barca unggul 1-0.

Tak sampai dua menit berselang Suarez nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah. Hanya saja bola yang diumpan Neymar dari sisi kiri datang terlalu deras, yang membuat eks pemain Liverpool itu tak sampai menjangkaunya.

Di menit 11 Barcelona benar-benar menjebol gawang Espanyol untuk kali kedua. Tapi gol tersebut tak disahkan wasit, sepakan Messi masuk ke gawang setelah terlebih dulu mengenai Ivan Rakitic. Gelandang asal Kroasia itu berdiri dalam posisi offside.

Beberapa peluang terus diciptakan Barcelona, meski tidak ada yang berhasil menjadi gol. Pada menit 33 kubu The Catalans mengklaim penalti setelah Messi dijatuhkan Duarte di dalam kotak penalti. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Peluang terakhir Barcelona di babak pertama dibuat Luis Suarez di menit 38. Berhasil mengolongi pemain lawan di dalam kotak penalti, upaya Suarez melepaskan tembakan di muka gawang gagal karena dia dijepit dua pemain bertahan. Barcelona cuma dapat tendangan sudut dari upaya tersebut.

Tak ada yang berubah di babak kedua, dengan Barcelona masih sangat dominan dalam penguasaan bola serta memberikan tekanan hebat ke pertahanan Espanyol. Sementara itu tim tamu juga tidak bisa berbuat banyak, mereka tak bisa lama-lama menguasai bola karena kemudian bisa direbut pemain-pemain Barcelona.

Gol! Barcelona menggandakan keunggulan saat babak kedua berjalan tujuh menit. Gol tersebut bermula dari kesalahan umpan yang dilakukan Diop saat dia justru mengirim umpan pada Dani Alves.

Wing back asal Brasil itu kemudian mengirim bola pada Messi, yang dilanjutkan Messi dengan melepas umpan terobosan pada Suarez. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, Suarez menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah kedudukan jadi 2-0.

Keunggulan dua gol Barcelona atas Espanyol tak bertahan lama, karena sembilan menit kemudian tuan rumah bisa menambah lagi jumlah golnya. Lagi-lagi Suarez yang menjebol gawang Espanyol, kali ini menggunakan kepalanya untuk menyambar tendangan sudut yang dilepaskan Neymar di menit 61.

Barca sama sekali tidak dapat perlawanan berarti di menit-menit berikutnya. Espanyol memang berhasil melakukan serangan satu-dua kali, tapi itu dilakukan secara sporadis dan tidak ada yang benar-benar membahayakan gawang Ter Stegen.

Di 16 menit terakhir pertandingan Barcelona malah bisa menambah dua gol lagi, yang membuat mereka menuntaskan laga dengan keunggulan telak 5-0.

Gol keempat tercipta di menit 76. Gol ini murni terjadi karena kesalahan kiper Pau karena tangkapannya terhadap bola tendangan mendatar Neymar tidak lengket. Si kulit bundar yang lepas dari tangannya dengan cepat disambar Rafinha untuk membuat gol keempat.

Gol kelima, sekaligus yang terakhir dalam laga ini, datang dari Neymnar di menit 83. Gol ini juga bermula dari kesalahan pemain Espanyol yang kehilangan bola di tengah lapangan. Bola yang direbut Alves kemudian dia teruskan pada Suarez. Alih-alih melepaskan sendiri tembakan, Suarez memilih mengirim umpan pada Neymar. Bintang asal Brasil itupun ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…