Langsung ke konten utama

Dua Gol Messi Loloskan Barca sebagai Juara Grup

Foto: Getty Images/Mike Hewitt
Glasgow - Barcelona memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup. Kepastian ini mereka dapat setelah menundukkan Celtic dengan skor 2-0. Dua gol Blaugrana diborong oleh Lionel Messi.

Barca belum diperkuat oleh Andres Iniesta saat mengunjungi Celtic Park di matchday 5, Kamis (24/11/2016) dinihari WIB. Posisi Iniesta di lini tengah ditempati oleh Andre Gomes.

Messi, yang absen pada laga melawan Malaga di akhir pekan lalu, kembali bermain dan jadi bintang kemenangan Barca. Dia dua kali membobol gawang Celtic, yaitu pada menit ke-24 dan 56.

Dengan kemenangan ini, Barca memuncaki klasemen Grup C dengan perolehan 12 poin dari lima laga. Mereka unggul empat poin atas Manchester City yang berada di posisi kedua. Karena fase grup tinggal menyisakan satu laga, Barca dipastikan aman di posisi teratas.

Sementara itu, Celtic tetap menempati posisi terbawah di grup karena baru mengumpulkan dua poin.

Jalannya Pertandingan

Jalannya pertandingan gampang ditebak. Barca mendominasi penguasaan bola di atas 60%, sementara Celtic memilih untuk bertahan sambil menunggu Barca melakukan kesalahan.

Barca punya peluang unggul pada menit ke-21. Andre Gomes yang berdiri di tiang dekat menyambut sepak pojok dari Neymar, tapi sontekannya bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Celtic, Craig Gordon.

Barca benar-benar unggul tiga menit kemudian. Meski di sekitarnya ada empat pemain lawan, Messi bisa menusuk ke kotak penalti Celtic untuk menyambut umpan terukur dari Neymar dan kemudian mencetak gol lewat tembakan kaki kirinya ke tiang dekat.
Foto: Getty Images/Ian MacNicol
Peluang Celtic untuk menyamakan skor pada menit ke-37 belum berbuah gol. Tembakan Moussa Dembele masih bisa diantisipasi oleh kiper Barca, Marc-Andre Ter Stegen.

Gordon membuat penyelamatan luar biasa empat menit kemudian. Dengan satu tangan, dia menepis sundulan jarak dekat dari Luis Suarez.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah. Barca masih unggul 1-0 atas Celtic.

Sebuah kesalahan Sergi Roberto di lini pertahanan pada awal babak kedua membuat gawang Barca terancam. Beruntung buat tim tamu, Ter Stegen dengan mudah mengamankan bola tembakan Callum McGregor.

Dembele membuang peluang emas yang didapatnya pada menit ke-53. Dia lolos dari kawalan bek-bek Barca saat menyambut umpan silang dari James Forrest, tapi sundulannya dengan mudah ditangkap Ter Stegen.

Barca mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-56 setelah Suarez dilanggar Emilio Izaguirre. Kesempatan lewat tendangan 12 pas ini tak disia-siakan oleh Messi. Eksekusinya ke arah tengah mengecoh Gordon dan membawa Barca memimpin 2-0.
Foto: Getty Images/Mike Hewitt
Messi berpeluang menyempurnakan hat-trick-nya pada menit ke-67. Tembakan mendatarnya tak bisa diantisipasi Gordon, tapi arah bola masih sedikit melebar.

Memasuki menit ke-84, Suarez nyaris saja mencetak gol. Dia menyambar umpan dari Messi, tapi tembakannya hanya menerpa tiang gawang. Skor tak berubah.

Skor tak berubah hingga peluit panjang berbunyi. Barca membawa pulang kemenangan 2-0 dan status juara grup.

Postingan populer dari blog ini

Menafsirkan Al Qur’an dengan Logika

Salah satu lagi cara menafsirkan Al Qur’an yang keliru adalah menafsirkan Al Qur’an dengan logika, akal pikiran, tanpa ilmu. Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata, hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11). Dalam hadits disebutkan, وَمَنْ قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ “Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if). Masruq berkata, اتقوا التفسير، فإنما هو الرواية عن الله “Hati-hati dalam menafsirkan (ayat Al Qur’an) karena tafsir adalah riwayat dari Allah.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 16. Disebutkan oleh Abu ‘Ubaid dalam Al Fadhoil dengan sanad yang shahih) Asy Sya’bi mengatakan, والله ما من آية إلا وقد سألت عنها، ولكنها الرواية عن الله عز وجل “Demi Allah, tidaklah satu pun melainkan telah kutanyakan…

Barcelona Berimbang dengan Madrid 2-2

Barcelona - Duel El Clasico jilid kedua berakhir tanpa pemenang. Bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua, Barcelona akhirnya imbang dengan Real Madrid 2-2.

Bertanding di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dinihari WIB, Barca membuka keunggulan lewat gol Luis Suarez sebelum disamakan Madrid melalui Cristiano Ronaldo. Setelah turun minum, Lionel Messi membawa tim tuan rumah kembali memimpin tapi Gareth Bale memaksakan hasil imbang.

Barca tidak tampak kewalahan meski bermain dengan 10 orang di sepanjang babak kedua. Menyusul diusirnya Sergi Roberto setelah menerima kartu merah di penghujung babak pertama.

Dengan hasil ini, Barca masih menjaga peluang tidak terkalahkan sampai akhir musim. Dalam 35 pertandingannya, Barca mendulang 26 kemenangan dan sembilan laga seri sehingga mengoleksi 87 poin.

Madrid berada di peringkat ketiga klasemen dengan perolehan 72 poin, tertinggal 15 poin dari rival abadinya itu.

Jalannya Pertandingan

Ancaman Barcelona hadir saat pertandingan belum genap…

Comeback Dramatis, Barcelona Imbangi Sevilla 2-2

Sevilla - Barcelona berhasil membawa pulang satu poin dari kandang Sevilla. Sempat tertinggal 0-2, Blaugrana comeback dengan memaksa laga berakhir dengan skor 2-2.
Lini pertahanan Barca sangat buruk saat bertandang ke Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB. Situasi itu membuat mereka tertinggal 0-2 lewat gol Franco Vazquez di menit ke-36 dan Luis Muriel di menit ke-50.
Namun, Barca tak cepat menyerah dalam laga ini. Mereka terus semakin meningkatkan intensitas serangan selama sisa waktu pertandingan.
Hasilnya pun tak mengecewakan untuk klub asal Catalunya itu. Gol Suarez di menit ke-88 dan Lionel Messi di menit ke-89 membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.
Tambahan satu poin tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen. Blaugrana memimpin dengan 76 poin dari 30 laga. Namun, jarak mereka dengan Atletico Madrid di posisi kedua bisa terkikis.
Jika Atletico bisa menang saat menjamu Deportivo La Coruna pada Senin (2/4/2018) dinihari WIB, jarak 12 poin akan menjadi …