Langsung ke konten utama

Imbang Tanpa Gol dengan Ekuador, Prancis Juara Grup

Rio de Janeiro - Prancis dan Ekuador sama-sama tak mampu mencetak gol dan harus puas dengan hasil seri 0-0 di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014. Hasil ini menjadikan Prancis juara grup, sedangkan Ekuador tersingkir.

Pada pertandingan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Kamis (26/6/2014) dinihari WIB, kedua tim tak menciptakan banyak peluang pada babak pertama. Hingga turun minum, skor 0-0 masih bertahan.

Diusirnya Antonio Valencia pada babak kedua membuat Prancis lebih leluasa menekan Ekuador. Les Bleus pun mendapatkan banyak sekali peluang. Akan tetapi, tak satu pun yang bisa mereka maksimalkan menjadi gol.

Dengan hasil ini, Prancis mengakhiri babak grup sebagai juara Grup E dengan koleksi tujuh poin dari tiga partai. Mereka selanjutnya akan melawan runner-up Grup F, Nigeria, di babak 16 besar. Sementara itu, Ekuador yang menempati posisi ketiga dengan poin empat harus angkat koper.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama jadi milik Prancis. Antoine Griezmann menyambar bola liar di luar kotak penalti Ekuador pada menit ke-11, namun tembakannya masih melebar.

Berselang empat menit, Prancis kembali mendapatkan kesempatan melalui tendangan first time Moussa Sissoko. Tapi, bola mengarah tepat ke pelukan kiper Alexander Dominguez. 

Dominguez kembali menyelamatkan gawang Ekuador pada menit ke-38. Dia menepis sundulan terarah dari Paul Pogba.

Ekuador bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-41, tandukan Enner Valencia meneruskan umpan silang Michael Arroyo membahayakan gawang Prancis. Namun, Hugo Lloris berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola.

Hingga selesainya babak pertama, tak ada gol yang tercipta. Skor kacamata masih bertahan.

Prancis nyaris unggul pada menit ke-47. Berawal dari umpan Bacary Sagna, tembakan Griezmann masih menghantam mistar.

Ekuador kehilangan satu pemainnya tiga menit kemudian. Antonio Valencia diganjar kartu merah langsung akibat pelanggaran kerasnya terhadap Lucas Digne.

Christian Noboa menyia-nyiakan peluang untuk membawa Ekuador memimpin pada menit ke-53. Dia sebenarnya punya ruang tembak bagus saat menerima umpan matang Enner Valencia. Namun, penyelesaiannya malah tak mengarah ke sasaran.

Memasuki menit ke-63, Blaise Matuidi berpeluang mencetak gol untuk Prancis. Bekerja sama dengan Karim Benzema, dia melepaskan tembakan kaki kiri, tapi bisa dengan mudah diantisipasi Dominguez. 

Pogba mendapatkan kesempatan bagus pada menit ke-73 ketika dia tak terkawal saat menyambut umpan matang Sissoko. Namun, sundulannya masih melenceng.

Berselang lima menit, usaha dari Benzema belum juga memecahkan kebuntuan. Tembakan penyerang Real Madrid itu dengan mudah ditangkap Dominguez.

Gawang Prancis selamat dari serbuan Ekuador pada menit ke-82. Lloris dengan gemilang menepis tembakan keras Alex Ibarra dari dalam kotak penalti.

Kerja sama Benzema dan Olivier Giroud beberapa saat kemudian menghasilkan peluang untuk Prancis. Akan tetapi, gol tetap belum datang karena penyelesaian Benzema mengarah tepat ke Dominguez.

Pemain pengganti Loic Remy juga mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Namun, tembakannya pada menit ke-87 bisa ditepis Dominguez. Sementara itu, tembakan Pogba dari luar kotak penalti masih sedikit menyamping.

Di sisa waktu, Giroud punya peluang emas. Tapi, sundulannya meneruskan umpan silang Sagna bisa diantisipasi Dominguez.

Postingan populer dari blog ini

Trio MSN Loloskan Barca ke Perempatfinal

Barcelona - Barcelona sukses menyingkirkan Athletic Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey setelah menang 3-1 pada laga leg kedua. Tiga gol penentu kelolosan Blaugrana dicetak oleh trio MSN.

Barca turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Athletic di Camp Nou, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. Mereka memasang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan sejak awal. Tim tuan rumah memang butuh kemenangan setelah kalah 1-2 pada pertemuan pertama, pekan lalu.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Gol pembuka dicetak oleh Suarez pada menit ke-36.

Barca kemudian menggandakan keunggulan mereka lewat penalti Neymar pada menit ke-48. Namun, Athletic mampu menipiskan ketertinggalan setelah Enric Saborit menjebol gawang Barca pada menit ke-51. Di titik ini, skor agregat masih sama kuat 3-3.

Barca mencetak gol ketiganya saat laga memasuki menit ke-78. Tendangan bebas Messi membawa Barca memimpin 3-1. Skor agregat pun berubah menjadi 4-3 untuk keunggulan Barca, yang …

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…