Langsung ke konten utama

Swiss Kalahkan Ekuador Lewat Gol di Injury Time


thumbnail
Brasilia - Swiss memetik kemenangan dramatis atas Ekuador di laga pertama Grup E. Sempat tertinggal lebih dulu, Swiss akhirnya berbalik menang 2-1 lewat gol Haris Seferovic di masa injury time.

Dalam pertandingan pertama Grup E di Estadio Nacional de Brasilia, Minggu (15/6/2014) malam WIB, Ekuador membuka skor di menit ke-22. Sundulan Valencia membuat Ekuador unggul 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Swiss langsung membalas lewat sundulan Admir Mehmedi. Gol Seferovic di masa injury time kemudian melengkapi comeback Swiss di laga ini.

Dengan kemenangan ini, Swiss untuk sementara memimpin Grup E dengan tiga poin. Di laga lainnya, Prancis baru akan berlaga melawan Honduras.

Jalannya Pertandingan

Permainan berlangsung dalam tempo tinggi di awal pertandingan. Ekuador yang mengambil inisiatif menyerang lebih dulu mendapat peluang di menit ketiga lewat sebuah tendangan bebas setelah Valon Behrami melakukan pelanggaran. Tapi bola tendangan Walter Ayovi masih mengarah ke pelukan penjaga gawang Diego Benaglio.

Delapan menit berselang, Swiss mengancam lewat Josip Drmic yang bisa masuk hingga kotak penalti Ekuador. Namun dia gagal menemukan ruang untuk melepaskan tembakan. Tak lama berselang, Granit Xhaka melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi masih melenceng dari gawang.

Di menit ke-15, Swiss yang mulai menemukan tempo permainan kembali mendapat peluang. Tapi tembakan kaki kiri Xherdan Shaqiri dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Alexander Dominguez.

Empat menit kemudian, sebuah sepakan keras dilepaskan oleh Ricardo Rodriguez dari luar kotak penalti. Namun Dominguez kembali melakukan penyelamatan dan menghasilkan sepak pojok untuk Swiss.

Ekuador mendapat tendangan bebas di sisi kiri di menit ke-22 setelah Stephan Lichtsteiner melanggar Jefferson Montero. Ayovi yang mengambil tendangan bebas mengirim bola ke dalam kotak penalti. Enner Valencia yang berdiri relatif bebas tak kesulitan menyundul bola untuk menjebol gawang Swiss.

Tertinggal satu gol, Swiss langsung bereaksi. Tapi upaya Shaqiri masih membentur pemain belakang Ekuador. Sementara sundulan Valentin Stocker menyambut sepak pojok Shaqiri masih melebar.

Terus menyerang, Swiss kembali dapat peluang dari sepak pojok. Namun tandukan Behrami menyambut tendangan sudut Shaqiri masih bisa diamankan oleh Dominguez.

Dominguez kembali menyelamatkan gawang Ekuador dari kebobolan. Kali ini dia menepis tendangan keras Gokhan Inler dari luar kotak penalti.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 1-0 untuk Ekuador menutup paruh pertama pertandingan.

Di awal babak kedua, Swiss langsung mengambil inisiatif untuk menyerang. Tiga menit babak kedua berjalan, Lichtsteiner melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari sepak pojok ini, Swiss bisa menyamakan kedudukan. Tendangan sudut Rodriguez disambut tandukan Admir Mehmedi yang baru masuk saat pergantian babak untuk menggantikan Stocker.

Di menit ke-60, Valencia nyaris mencetak gol keduanya di laga ini. Tapi tendangannya masih melambung tipis dari gawang. Sementara tembakan Christian Noboa masih bisa diamankan oleh Diego Benaglio.

Enam menit berselang, Montero yang melakukan penetrasi hingga ke dalam kotak penalti kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri. Namun bola bisa dihalau Benaglio dengan kakinya.

Swiss sempat mencetak gol keduanya di menit ke-70 lewat sepakan Josip Drmic. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena Drmic lebih dulu terperangkap offside.

Serangan balik Swiss gagal berbuah gol di menit ke-73. Tembakan Shaqiri dari sudut sempit usai menerima bola sodoran dari Mehmedi hanya mengenai sisi samping jaring gawang.

Tak lama berselang, kesalahan lini belakang Swiss dalam menyapu bola nyaris berbuah gol untuk Ekuador. Tapi Steve Von Bergen bisa menghalau sebelum bola bergulir ke dalam gawang.

Empat menit jelang laga berakhir, Ekuador hampir mencetak gol keduanya. Tendangan bebas Michael Arroyo hampir mengecoh Benaglio. Tapi kiper Swiss itu masih bisa menepis tendangan Arroyo dan bola muntah kemudian dihalau oleh pemain belakang Swiss.

Di masa injury time, tepatnya di menit ke-93, Swiss berhasil mencetak gol kemenangan. Lewat sebuah serangan balik, Rodriguez mengirim umpan ke dalam kotak penalti yang langsung disambut oleh sontekan Haris Seferovic.

Tak lama setelah gol Seferovic, wasit meniup peluit panjang. Swiss menang 2-1 atas Ekuador.

Postingan populer dari blog ini

Barca Pesta Gol ke Gawang Alaves

Vitoria - Barcelona memetik kemenangan telak saat berhadapan dengan Alaves di lanjutan Liga Spanyol. Tim besutan Luis Enrique itu menang dengan skor enam gol tanpa balas.

Saat melakoni pertandingan di Estadio de Mendizorroza, Sabtu (11/2/2017) malam WIB, Barca memetik kemenangan dengan sangat nyaman. Di sepanjang pertandingan, mereka menguasai pertandingan dangan catatan 70 persen ball possession dalam data yang dilansir oleh Soccernet.

Sementara soal kans, ada 21 percobaan yang dilepaskan oleh tim besutan Luis Enrique itu. Sembilan di antaranya menemui bidang, enam berbuah gol.

Kendati demikian, Barca baru bisa mencetak dua gol saat paruh pertama laga. Gol pertama dalam pertandingan dicetak oleh Luis Suarez saat pertandingan berjalan 37 menit.

Aleix Vidal menjadi pengumpannya, bola mendatar dari sayap kanan diselesaikan oleh Suarez dari jarak dekat.

Tiga menit berselang, Neymar membukukan namanya di papan skor. Neymar meneruskan bola sodoran Suarez dengan sundulan kepala dari …

Bungkam Murcia 5-0, Barca Mantap ke 16 Besar

Barcelona - Barcelona pesta gol saat menghadapi Real Murcia di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana menang 5-0 dan dengan mantap lolos ke 16 besar.

Barcelona, yang membawa keunggulan 3-0 di leg pertama, kembali menunjukkan dominasi atas Murcia di Stadion Camp Nou, Kamis (30/11/2017) dini hari WIB. Gol pertama langsung mereka lesakkan di menit ke-16.

Paco Alcacer yang membuka keunggulan tuan rumah. Kerja sama apik di kotak penalti diselesaikan dengan sundulan ke gawang Murcia yang dijaga Alex Santome. Skor menjadi 1-0.
Barca terus menekan pertahanan Murcia di sepanjang babak pertama. Tapi, hingga peluit istirahat berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta.

Baru di babak kedua, Barca tampil lebih trengginas. Empat gol tambahan berhasil mereka ciptakan ke gawang Murcia.

Gerard Pique mencetak gol kedua Barca di menit ke-56. Pique bisa memaksimalkan umpan Aleix Vidal, yang melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kanan. Skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, giliran …

Tumpulkan Barcelona di Camp Nou, Juventus Lolos ke Semifinal

Barcelona - Juventus digempur habis-habisan oleh Barcelona di Camp Nou di sepanjang pertandingan. Namun, Bianconeri berhasil menumpulkan Barca dan memaksakan hasil imbang 0-0. Hasil tersebut meloloskan mereka ke semifinal.

Dengan demikian, Juventus lolos dengan agregat 3-0 berkat kemenangan mereka pada pertemuan pertama di Turin, pekan lalu.

Jalannya Pertandingan

Seperti yang diperkirakan, Barca tampil sangat dominan dalam penguasaan bola. Juve pun dikurung di wilayah sendiri dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Lionel Messi punya peluang emas untuk membawa Barca unggul pada menit ke-20. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih melenceng.

Messi kembali mengancam gawang Juve pada menit ke-31 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Namun, Gianluigi Buffon berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Messi. Messi mengejar bola rebound dan menyambarnya, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Striker Juventus, Gonzalo…